Info Akademik

Sambutan Rektor Dalam Acara Wisuda Sarjana Dan Pasca Sarjana Periode Agustus 2022

  • Admin
  • 30 Agustus 2022
  • 441

Bismillahir rahmanir rahim

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua

 

Yang terhormat :

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V, Daerah Istimewa Yogyakarta

Ketua APTISI Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta

Para Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta sahabat di lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta 

Para Pejabat Sipil dan Militer di lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta

Partner kerjasama Universitas Janabadra, baik perbankkan maupun media cetak

Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra

Senat Universitas Janabadra

Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Universitas Janabadra, 

Para tamu undangan, orang tua/wali/pendamping calon Alumni yang berbahagia.

Dan para wisudawan dan wisudawati yang saya banggakan.

 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga upacara wisuda periode bulan Agustus 2022 ini dapat terlaksana dengan baik. Wisuda kali ini diselenggarakan selama satu hari, yaitu hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2022. Penyelenggaraan Wisuda dilakukan secara luar jaringan (luring). Mengingat kondisi pandemi Covid 19 masih terjadi, maka pelaksanaan wisuda saat ini dilakukan secara ringkas dan terbatas, dan dengan pengetrapan protokol kesehatan yang ketat.

 

Hadirin yang saya muliakan.

Saya atas nama Universitas Janabadra dan atas nama pribadi mengucapkan selamat atas berhasilnya saudara-saudara mahasiswa dalam menyelesaikan studi dan mencapai derajat sarjana baik pada level S-1 dan S-2 (magister). Kerja keras saudara selama ini telah membuahkan hasil yang merupakan  salah satu langkah maju dalam kehidupan Saudara. Dengan telah selesainya saudara dari pendidikan S-1 maupun S-2 ini, tidak berarti saudara telah selesai belajar. Saudara masih dituntut untuk belajar lebih lanjut, baik melalui jalur formal maupun informal. Dengan perkembangan Teknologi Informasi yang sedemikian pesat seperti saat ini, saudara alumni dapat dengan mudah memanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan melalui layanan teknologi informasi yang tersedia di masyarakat. Perlu kami tegaskan disini bahwa perguruan tinggi tidaklah memberikan lapangan pekerjaan, namun  memberi bekal ilmu pengetahuan yang layak dan memadai untuk dapat mencari dan/atau menciptakan peluang kerja. Kerja keras Saudara masih diperlukan untuk menghadapi tantangan selajutnya dalam mengarungi kehidupan di masyarakat yang makin mendunia (global), makin dinamik dan makin kompetitif. Mengingat sempitnya lapangan pekerjaan maka saudara-saudara wisudawan harus dapat memanfaatkan berbagai peluang yang ada dan tidak harus terlalu terikat kepada minat studi yang ditempuh. Dalam bekerja nanti saudara akan bersama atau berdampingan dengan rekan kerja lulusan dari universitas lain. Saudara harus percaya diri dan tunjukkan kepada rekan kerja saudara bahwa saudara mampu menyelesaikan tugas dengan baik.

Pada kesempatan yang baik ini, kami titip pesan kepada para wisudawan agar dapat selalu mengikuti perkembangan ilmu termasuk Teknologi Informasi dan selalu meningkatkan kemampuan berbahasa, khususnya bahasa Inggris. Lulusan perguruan tinggi saat ini dituntut untuk tidak gagap teknologi, dan harus mampu berkomunikasi dengan dunia global. Pengetahuan seperti penggunaan dan pemanfaatan internet, pemakaian komputer dalam bidang keahlian, presentasi dengan menggunakan teknologi audio visual, pemakaian berbagai aplikasi dalam dunia bisnis dan perbankkan sudah merupakan kebutuhan pokok, sehingga bagi mahasiswa yang diwisuda hari ini masih mempunyai kesempatan untuk menyiapkannya, terutama untuk bekal wawancara dan melamar pekerjaan.

 

Hadirin yang kami hormati

Sebagai alumni Universitas Janabadra yang terikat dalam IKABADRA, Saudara masih merupakan Anggota dari Keluarga Besar Universitas Janabadra yang ke luar tetap membawa nama Universitas Janabadra dan ke dalam tetap dituntut untuk peduli pada keadaan perkembangan Universitas Janabadra. Oleh karena itu saya berpesan, agar Saudara dapat membawa citra yang baik Universitas Janabadra kemasyarakat luas, menunjukkan kemampuan saudara di masyarakat luas, sehingga keberadaan Universitas Janabadra akan mendapat pengakuan dan penghargaan yang layak dari masyarakat. Kalau hal ini dapat terwujud akan memberikan keuntungan kepada seluruh sivitas akademika termasuk alumninya.

Akhir2 ini penyebaran Covid 19, terasa mulai meluas lagi, untuk itu kami berpesan agar saudara dalam berkegiatan sehari-hari dapat menjalankan protokol kesehatan (prokes) yang benar, sehingga penyebaran Covid dapat dicegah dan masyarakat tetap dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Dengan demikian kegiatan bisnis, perekonomian, pembangunan, pendidikan dan kegiatan yang lain masih dapat berjalan seperti biasanya 

 

Hadirin yang kami hargai 

Pada periode ini Universitas Janabadra mewisuda 375 orang sarjana S-1 321 orang dan S-2 54 orang , yang terdiri dari : Sarjana Hukum S-1 = 63 orang, Magister Hukum S-2 = 24 orang, Sarjana Ekonomi S-1 = 156 orang, Magister Ekonomi S-2 = 22 orang,  Sarjana Teknik S-1 = 81 orang, Magister Teknik Sipil = 8 orang, Sarjana Pertanian S-1 = 21 orang, Indeks prestasi tertinggi diraih oleh sdr/i . Reny Ferawati, S.P. dari Fakultas Pertanian, Program Studi Agribisnis,angkatan tahun 2018. Pada wisuda periode Agustus 2022 ini, terdapat 127 orang lulus dengan predikat cumlaude (dengan pujian), dan kepada wisudawan/wisudawati dengan lulus cumlaude saya ucapkan selamat atas prestasinya. 

 

Bapak Ibu Sekaliyan

Pada kesempatan yang baik ini saya serahkan kembali putra-putri Bapak/Ibu sekalian dengan ucapan selamat berbahagia, semoga putra dan putri bapak/Ibu sekalian segera mendapatkan pekerjaan, dan mendapatkan kesuksesan di dalam menempuh karier selanjutnya. Disamping itu kelulusan tersebut semoga juga dapat memicu dan mendorong anggota keluarga yang lain untuk dapat mengikutinya.

 

Atas perhatian dan kepercayaan Bapak/Ibu sekalian saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Bilahitaufik walhidayah

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

     Yogyakarta, Agustus 2022

                                                                  Rektor

 

 

Prof. Ir. Nur Yuwono, Dip.HE, Ph.D.

 

Dibaca : 441