Info Akademik

Lp3m Ujb: Seminar Nasional “implementasi Mbkm Melalui Riset Keilmuan”

  • Admin
  • 11 Juli 2022
  • 211

Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Universitas Janabadra (6 Juli 2022) selenggarakan Seminar Nasional Hasil Riset (SNHR) menghadirkan empat orang pembicara utama: Dr. Herdis Herdiansyah, M.Hum Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, Dr. Sularso Budilaksono, M.Kom Direktur LPPM Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta, Dr. Ir. Eko Noerhayati, MT Ketua Bidang Penelitian LP3M Universitas Islam Malang dan Dr. Nindyo C Kresnanto, ST, MT Ketua Pusat Pengembangan Kompetensi Universitas Janabadra Yogyakarta dengan moderator Wika Harisa Putri, SE., SH., M.Sc. Acara seminar dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Janabadra.

Herdis Herdianyah menyampaikan makalah dengan tema: Interaksi Sosial Ekonomi dan Lingkungan dalam Pengelolan Mangrove Berbasis Keterlibatan Perempuan, berbicara seputar pelaksanaan riset keilmuan yang dilakukan dan melibatkan beberapa mitra di Papua. Dilanjutkan Sularso Budilaksono dan Eko Noerhayati masing-masing menyampaikan pengalaman bagaimana memperoleh dan mengimplementasikan MBKM melalui Riset Keilmuan. Lebih lanjut kedua pembicara ini berbicara tentang bagaimana merancang program hinga melaksanakan dan melibatkan mahasiswa dalam riset keilmuan. Sedangkan Nindyo C Kresnanto, berbicara tentang praktek baik bagaimana melibatkan para mahasiswa ikut terlibat pada hibah program Riset Keilmuan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Janabadra. Tema riset yang dilakukan oleh Nindyo dkk: Kontribusi GIS Dalam Meningkatkan Ketangguhan Industri Kreatif Berbasis BUMDES pada Masa Pandemi Covid-19. Lebih lanjut diceritakan bagaimana seorang mahasiswa dari jurusan lain mulai bergabung dan belajar menerbangkan drone hingga belajar tentang Geographic Information Systems (GIS).

 

Melalui implementasi program MBKM diharapkan mahasiswa akan mendapatkan kompetensi tambahan di luar program studi yang ditekuni. Kompetensi di luar program studi tersebut dapat diperoleh baik di PS lain di Perguruan Tinggi yang sama maupun di Perguruan Tinggi lain termasuk di Dunia Industri dan Dunia Usaha (DUDI). Kegiatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa pada program MBKM mulai dari program pertukaran mahasiswa, magang/praktik kerja hingga riset/proyek independent maupun proyek desa/KKN tematik.

 

Sumber bertia:

Tresno S / Humas dan Kerjasama UJB

 

Dibaca : 211