Info Akademik

Pelantikan Pejabat Kepala Unit

  • Admin
  • 02 Juni 2022
  • 212

Kamis (2/6/2022) dilakukan pelantikan kepada 18 pejabat baru Kepala Unit (Tata Usaha) di lingkungan Universitas Janabadra. Pejabat baru tersebut adalah: Yuliasih SE (Sekretariat Yayasan), Arif Sukma Prawira SE (Program Sarjana FH), Siti Sumarmi SE (Program Magister Hukum), Yohana Ishandayani S.Sos (Program Sarjana FEB), Harnadi SE (Program Magister FEB), Mika Setyawan S.Pd.T (Program Sarjana FT), Christina Daryanti A.Md (Program Magister FT), Apriliya Kusuma Wardani SE (Program Sarjana FP), Tri Utami Dewi SE (BPM), Nina Deasy Suliastuti SE (LP3M), Kurniawati (Unit Keuangan), Sri Handoyo SH (Unit Rumah Tangga), Heru Yuliayanto SE (Unit Kepegawaian), Agus Suprijanto SE (Unit Kemahasiswaan BAAK), Siti Fatimah S.Kom (Unit Akademik BAAK), Era Bugiyono SIP (UPT Perpustakaan), Ariesta Anggraini S.Kom (BSIKD), dan Agus Priyambodo STP (UPT Humas Kerjasama & KUI).

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Edy Sriyono, MT Rektor Universitas Janabadra kembali mengingatkan akan 7 Perilaku Utama Insan Janabadra untuk kembali ditegakkan dan diimplementasikan demi kemajuan dan kejayaan Universitas Janabadra.

  1. Jujur
  2. Tanggungjawab
  3. Visioner
  4. Disiplin
  5. Kerjasama
  6. Adil
  7. Peduli

 

Sebagai contoh, pada saat pandemi kemarin, beberapa kali kami keluarkan Surat Edaran rektor tentang WFH. Banyak diantara pegawai yang memahami WFH sebagai hari libur, tetap di rumah dan tidak melakukan pelayanan. Padahal sesungguhnya WFH adalah bagaimana kita sebagai pegawai tetap bekerja melakukan pelayanan kepada MHS, bagaimana kita tetap memberikan pelayanan kepada mahasiswa meskipun secara online dari rumah.

Terkait dengan butir Disiplin. Mohon sikap disiplin betul-betul diterapkan dalam bekerja. Salah satu sikap disiplin dapat ditunjukkan dalam mematuhi jam kerja. Saat pandemi, ada kebijakan di setiap unit menunjuk petugas piket pada jam tertentu secara bergiliran. Secara peraturan di Yayasan tidak mengenal adanya sistem piket tetapi yang ada adalah jam kerja. Seiring dengan telah melandainya pandemi Covid-19 mari kita semua menegakkan disiplin terhadap jam kerja. Sebelum kita bicara soal kinerja, marilah kita tegakkan disiplin, utamanya disiplin terhadap jam kerja. Ketika setiap pegawai disiplin dalam bekerja, pasti kinerja akan menjadi lebih baik. Itulah yang kita harapkan bersama. Untuk itu marilah, melalui para Kepala Unit dan pimpinan unit masing-masing kita kembali menegakkan disiplin dalam bekerja, jangan sungkan ketika ada pegawai yang tidak disiplin untuk diingatkan bahkan ditegur.

Mandiri, adalah suatu kebaikan yang diajarkan oleh para pendiri. Bahwa salah satu ciri UJB hingga saat ini adalah kemandirian, tidak tergantung kepada pihak lain. UJB tetap berkomitmen untuk tidak “berhutang” kepada pihak lain untuk sebuah upaya pengembangan. Apapun yang dilakukan didasarkan pada kemampuan diri sendiri bukan tergantung pada pihak lain. Peduli, kadang tanpa kita sadari kita kurang peduli terhadap situasi sekitar. Misalnya ada mahasiswa duduk di meja, cukup sederhana kita sebagai insan UJB mestinya tanggap / peduli untuk menegur secara baik. Ketika ada mahasiswa tanpa sadar menempelkan sepatu di dinding, cukup sederhana kita mesti segera mengingatkan untuk tidak demikian, karena akan mengotori dinding, dan beberapa contoh lain sebagainya.

Pada akhir sambutan, Edy Sriyono kembali menegaskan terhadap implementasi 7 Perilaku Utama Insan Janabadra. Dengan mengimplementasikan 7 Perilaku Utama tersebut maka UJB akan lebih maju dan berkembang. Berkaca dari beberapa PT berbasis agama, mereka sangat disiplin dalam penegakan aturan. Meski UJB bukan PT berbasis agama, sebagai Kampus Kebangsaan tidak ada salahnya jika kita pun menerapkan / menegakkan setiap peraturan dengan sikap disiplin dalam berbagai hal.

 

Penulis

Tresno S / Humas Kerjasama UJB

Dibaca : 212