Info Akademik

Syawalan 1443 H Universitas Janabadra

  • Admin
  • 10 Mei 2022
  • 587

Senin, 9 Mei 2022 bertempat di Auditorium KPH Poerwokoesoemo Universitas Janabadra diselenggarakan Syawalan Keluarga Besar Universitas Janabadra 1443 H. Rangkaian acara diawali dengan sambutan oleh rektor Universitas Janabadra. Atas nama segenap pimpinan universitas kami mengucapkan selamat Idul Fitri 1443 H mohon maaf lahir dan batin. Setelah melakukan puasa selama satu bulan ramadhan dan dengan saling maaf-memaafkan pada hari raya Idul Fitri ini semoga kita semua kembali ke fitroh, kembali bersih suci seperti sedia kala.

Mengingat kembali awal pertama universitas ini didirikan dan dikelola, pendiri telah meletakkan nilai-nilai dasar kebaikan bagi tumbuh kembangnya universitas kita tercinta ini. Nilai-nilai tersebut kini tertuang dalam statuta sebagai 7 insan utama yang sekaligus merupakan ciri / jati diri keutamaan Universitas Janabadra. Kita sebagai generasi penerus sudah sehatusnya untuk mengimplementasi nilai-nilai jati diri tersebut. Pada kesempatan ini saya mengajak bapak/ibu/saudara sekalian untuk mengimplementasikan nilai² kebaikan yang menjadi ciri / jati diri insan Janabadra yang telah diteladankan oleh para pendiri, untuk kita implementasikan di tengah² aktivitas kita baik di kampus maupun dimanapun kita berada, demikian disampaikan rektor.

Semangat nasionalisme dan heterogenitas yang ada di UJB harus kita pelihara. Saat ini mahasiswa UJB berasal dari Sabang sd Merauke dengan berbagai latar belakang suku, agama ras bahasa dan budaya yang beragam dengan tetap menjaga kebhinekaan dan toleransi.

Dilanjutkan sambutan oleh Drs. Suryadiman, MM Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra. Selamat Idul Fitri 1443 H atas nama segenap pengurus dan pembina Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra kami mohon maaf atas semua kesalahan dan kekilafan kami. Dua tahun kita tidak menyelenggarakan syawalan karena pandemi Covid-19. Karena pandemi juga membawa dampak kepada penurunan jumlah mahasiswa, kini pandemi sudah mulai mereda, untuk itu marilah kita bangkit meningkatkan kinerja untuk meningkatkan jumlah mahasiswa kita.

Acara inti, hikmah syawalan disampaikan oleh bapak Ustadz Drs. H. Thoyib Hidayat, M.Si. Tidak dapat dikatakan merayakan lebaran ketika bajunya saja yang baru, tetapi iman dan tagwa-nya belum berubah menjadi baru. Disampaikan ada empat ciri orang bertaqwa, pertama selalu bersodakoh dan “enthengan” kepada orang yang membutuhkan, kedua sabar atau mampu menahan amarah, ketiga mampu memaafkan orang lain dan selalu berbikiran baik kepada orang lain, dan keempat kalau sudah terlanjur berbuat salah berani untuk segera memohon apun dan bertobat untuk tidak mengulangi kembali. Sebagai penutup rangkaian acara syawalan dilakukan pembacaan ikrar halal bihalal dipimpin oleh Nurwiyanta, SE., MM dekan FEB-UJB dan diakhiri dengan saling maaf-memaafkan dengan berjabat tangan satu dengan yang lain. Syawalan 1443 H. ini dihadiri oleh seluruh dosen dan pegawai serta perwakilan mahasiswa.

Penulis

Tresno S / Humas & Kerjasama UJB

Dibaca : 587