...

Berita

Universitas Janabadra

Perjanjian Kerjasama Fbs Uny Dan Empat Fakultas Universitas Janabadra


Perjanjian Kerjasama FBS UNY dan Empat Fakultas Universitas Janabadra

Senin, 18 April 2022 dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama FBS UNY dan Empat Fakultas Universitas Janabadra di Ruang Seminar GK Lt. 2 Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam sambutannya Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum. Dekan FBS UNY menyampaikan bahwa dalam hari-hari ini seluruh Unit / Fakultas berlomba menambah data perolehan Indikator Kinerja Utama (IKU). Perlu sebuah strategi supaya IKU di masing-masing PS/Fakultas terus bertambah. Turunan IKU bagi kemahasiswaan diperlukan untuk pemeringkatan nantinya oleh Belmawa. Demikian pula dosen selalu dituntut untuk meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian untuk pemeringkatan PT. Hal ini menjadi poin (nilai) bagi PS/Fak/Universitas masing-masing dan memberikan kemanfaatan dalam kompetisi internal maupun eksternal. Di UNY perolehan IKU dilombakan dan yang paling banyak akan mendapatkan hadiah. Untuk selanjutnya setelah penandatanganan MoA dan IA ini untuk dilanjutkan dalam implementasinya sebagai wujud dua PT telah bergandengan tangan berbagai aktivitas Tri Dharma.

Sri Erna Wibawanti SH., M.Hum, WR1 UJB dalam sambutannya menegaskan bahwa MoA dan IA yang ditandatangani hari ini merupakan kelanjutan dan implementasi dari MoU kedua PT (UJB dan UNY) yang telah ditandatangani November 2021. Ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini meliputi tiga hal yaitu transfer kredit dan pelatihan untuk mahasiswa, peningkatan kualitas dosen dalam pembelajaran dan tata Kelola, penulisan modul dan penerjemahan serta pemanfaatan tenaga pendidik kedua PT sepanjang tidak mengganggu tugas pokok di masing-masing pihak. Sebagai mitra kami UJB merasakan bahwa kersajama dengan UNY kami mendapatkan sambutan yang luar biasa baik dari FBS dalam implementasi MBKM yang sudah dimulai tahun lalu. Harapan kami kerjasama ini dapat diperluas ke berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian dosen kedua PT serta pengembangan yang lain. Saat ini MBKM telah berlangsung untuk tiga MK, mahasiswa UJB telah mendapatkan kesempatan untuk kuliah di UNY untuk BHS Indonesia, BHS Inggris dan DKV. Dalam tahap awal implementasi MBKM semester lalu masih terdapat berbagai kendala administrasi dan teknis pelaksanaannya. Supaya dalam pelaksanaan / implementasi selanjutnya dapat berlangsung lebih baik perlu ada “PANDUAN” pelaksanaannya sehingga dapat dipahami oleh setiap mahasiswa yang akan mengikuti berbagai program implementasi MBKM.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoA dan IA antara Dekan BFS UNY dengan empat fakultas dari Universitas Janabadra berturut-turut dengan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. MoA mengatur perjanian kerjasama dalam lingkup Tri Dharma dalam implementasi program MBKM yang disepakati untuk jangka waktu 4 tahun. Disamping MoA, pada kesempatan ini disepakati pula untuk Implementasi Kerja Sama (IA) bagi prodi-prodi yang ada di empat fakultas dari UJB dan FBS-UNY khususnya dalam program pertukaran mahasiswa dalam rangka program MBKM antara kedua PT.  

Selesai penandatanganan MoA dan IA dilanjutkan dengan diskusi sekaligus sebagai kesempatan untuk evaluasi atas pelaksanaan implementasi MBKM semester sebelumnya. Dalam pengantarnya, Prof. Maman Suryawan M.Pd. Wakil Dekan BAK FBS-UNY menyampaikan bahwa PKS yang saat ini telah dilakukan adalah untuk tingkat / program sarjana (S1), harapan selanjutnya dapat juga dilakukan untuk program Magister (S2). Pelaksanaan MBKM sudah berlangsung sementara untuk 3 MK dengan beberapa kendala teknis pelaksanaannya, dan selanjutnya perlu ada perbaikan sehingga pelaksanaan baik dari sisi mahasiswa sebagai peserta maupun dosen pengampu masing-masing dapat mengikuti dan melaksanakan PBM dengan lebih baik. Tidak terlepas dari sisi bagaimana proses penjaminan mutu pelaksanaan MBKM ini dengan tetap memperhatikan kualitas dalam proses maupun luarannya. Salah satu bentuk implementasi MBKM adalah mahasiswa berkegiatan di luar kampus, dalam hal ini mahasiswa UJB mengambil perkuliahan di UJY untuk 3 MK yaitu BHS Indonesia, BHS Inggris dan DKV. Agar proses pendaftaran sampai dengan proses pembelajaran dan perolehan hasil evaluasi dapat berlangsung secara tertib maka diperlukan ada panduan sehingga proses transaksi setiap mahasiswa yang mengikuti program MBKM sesuai dengan SOP pembelajaran yang telah ditetapkan dan terintegrasi di LMS kedua PT (UNY dan UJB).

Beberapa tanggapan dalam diskusi ini, a.l. Wadek I FH-UJB menyampaikan bahwa sesungguhnya masih ada beberapa PKS lain antara UJB dangan UNY di luar FBS-UNY sebagai contoh untuk penyelenggaraan perkuliahan Agama Islam bagi mahasiswa FH-UJB, dan beberapa program KMMI. Dekan FH-UJB menambahkan perlunya sosialisasi bersama baik oleh UJB maupun UNY kepada para mahasiswa dan para dosen yang terlibat dalam program MBKM, karena beberapa MK diselenggarakan di semester I. Dekan FT-UJB mendorong perlu untuk segera diselenggarakan workshop untuk menyusun panduan teknis (SOP) implementasi MBKM dalam hal penyelenggaraan bersama untuk beberapa MK yang disepakati. Acara diakhiri dengan foto bersama, segenap dekan kedua pihak (UNY dan UJB) dan WD 1 serta Ka. Prodi masing-masing.

 

Penulis

Tresno S / Humas Kerjasama UJB

 

 

Dibaca: 107x

Info Akademik

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA VIDEO KREATIF  “AYO KULIAH DI UJB”  UNIVERSITAS JAN [..]

Selengkapnya

by Admin | 7 Aug 2021

Dengan adanya mengurangi dampak penularan COVID-19, maka Universitas Janabadra telah memberikan laya [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Nov 2020

PERSYARATAN KHUSUS BERKAS YANG DILENGKAPI CALON YANG LULUS TAHUN 2020 Formulir pendaftaran [..]

Selengkapnya

by Admin | 12 Aug 2020