Info Akademik

Fakultas Pertanian-ujb Selenggarakan Workshop Kurikulum Obe

  • Admin
  • 15 Desember 2021
  • 561

Fakultas Pertanian Universitas Janabadra (FP-UJB) menyelenggarakan acara workshop Kurikulum berbasis Outcome Base Education (OBE) pada hari Selasa (14/12). Kegiatan workshop berlangsung dari pagi pukul 09:00 hingga sore 15:00 WIB di Ruang Multipurpose Lt. II Kampus Pingit Jalan TR Mataram 55-57 Yogyakarta. Kegiatan ini dipandu dan didampingi Ketua dan Sekretaris PPK-UJB yaitu Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto, ST., MT dan Wika Harisa Putri, SE., SH., MSc. Kegiatan dihadiri oleh seluruh dosen di lingkungan Fakultas Pertanian. Acara diawali dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Pertanian dan sekaligus membuka acara workshop. Dalam sambutannya Ir. Subeni, MS., menyampaikan pentingnya pelaksanaan kegiatan workshop ini untuk memastikan rumusal Capaian Pembelajaran (CPL) berikut melengkapi dokumen kelengkapan lain yang dibutuhkan dalam implementasi kurikulum OBE. “Sesungguhnya sudah satu tahun lalu PS Agribisnis FP-UJB telah memiliki dan menerapkan kurikulum OBE namun karena kebutuhan ada beberapa kelengkapan dokumen yang mesti diupdate khususnya RPS”, demikian kata Beni Dekan FP-UJB.

Mengawali kegiatan workshop ini, Nindyo dan Wika selaku ketua dan sekretaris PPK pertama tama melakukan ceking keberadaan Profil Lulusan, CPL, dan CPMK kepada Ketua Program Studi Dr. Retno Lantarsih, SP., MP. Hasil ceking, “PS Agribisnis telah memiliki profil lulusan yang dikelompokkan dalam empat kompetensi utama yaitu manajer agribisnis, pengusaha/wirausaha agribisnis, fasilitator/agen pengembang agribisnis dan konsultan/peneliti/pendidik/pengkaji agribisnis”, demikian kata Retno. Demikian pula rumusan CPL dan CPMK dalam struktur kurikulum PS Agribisnis FP-UJB sudah ada lengkap dan terstruktur. Maka tahap berikutnya adalah memastikan komposisi muatan kurikulum dalam mendukung pencapaian CPL dan sekaligus dalam rangka mewujudkan dan memberikan kompetensi kepada setiap lulusannya. Hasil analisis matrik CPL dan CPMK yang dilakukan oleh PPK-UJB, ada tiga kompetensi utama pada profil lulusan PS Agribisnis FP-UJB yaitu C3 (Mampu mengkaji implikasi pengetahuan/pengembangannya dan teknologi dalam pengelolaan agribisnis), B1 (Mampu menguasai konsep budidaya dan teknologi pertanian berkelanjutan), dan C2 (Mampu bekerja mandiri dan bekerjasama dalam tim yang multidisiplin serta memiliki komitmen dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggungjawabnya).

Menyusun dan melengkapi kurikulum OBE tidak mungkin diselesaikan dalam 1-2 hari pertemuan. Dibutuhkan persiapan, komitmen dan kesungguhan dari semua pihak baik pengelola maupun para dosen pengampu dan seluruh tenaga pendukung (tendik) lainnya. Maka kegiatan pendampingan berikut yang dilakukan PPK-UJB terhadap upaya melengkapi kurikulum OBE di FP-UJB adalah menyempurnakan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sudah ada menyesuaikan template yang telah disiapkan oleh PPK-UJB.

Agenda workshop berikut direncanakan 28 Desember 2021 menyusun dan membahas RPS. Diharapkan masing-masing dosen pengampu mata kuliah sudah lengkap dengan muatan pembelajaran setiap pertemuan dalam satu semester.

 

Penulis

Tresno S / Humas dan Kerjasama UJB

Dibaca : 561