Info Akademik

Ft Ujb Selenggarakan Workshop Penyusunan Rps Kurikulum Obe

  • Admin
  • 12 Desember 2021
  • 467

Jumat (10/12) Fakultas Teknik Universitas Janabadra menyelenggarakan Workshop Penyusunan RPS Kurikulum berbasis OBE. Acara diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Teknik dan Rektor Universitas Janabadra. Dalam sambutannya, Titik Widyasari ST., MT Dekan FT-UJB berharap apa yang diperoleh dari kegiatan ini sungguh-sungguh dapat diterapkan dalam menyusun RPS sesuai tuntukan kurikulum OBE. Kegiatan ini tidak lain sebagai salah satu upaya Prodi TS-UJB mempertahankan dan meningkatkan akreditasi di BAN-PT bahkan untuk akreditasi internasional. Lebih lanjut, Titik berharap semua PS di FT-UJB melaksanakan kurikulum dengan segala kelengkapannya. Pada kegiatan ini pula (Sesi 3) dilakukan pemantapan CPL prodi untuk digunakan menetukan CPMK dan penyusunan RPS-nya yang selanjutnya digunakan untuk melengkapi konten masing-masing mata kuliah di LMS. Acara ini diselenggarakan utamanya untuk penyamaan persepsi kurikulum OBE dan memantapkan CPL yang disusun oleh masing-masing Prodi. Kegiatan ini merupakan salah satu pelaksanaan kegiatan dari hibah PKKM tahun anggaran 2021 Program Studi Teknik Sipil.

 

Dalam sambutannya, Ir. Edy Sriyono, MT selaku rektor menyampaikan bahwa menyusun dan melaksanakan Kurikulum OBE cukup berat, butuh fokus dan sungguh-sungguh, maka harus dipersiapkan dengan baik. Proses penyusunan kurikulum berikut kelengkapannya seperti RPS tidak akan selesai dalam satu hari. Dibutuhkan waktu cukup lama dan usaha cukup besar untuk betul-betul sampai implementasi kurikulum OBE di Fakultas dan Prodi. Oleh karena itu, Edy berpesan kepada para dosen yang “sepuh” mohon tetap semangat untuk menyusun dan menyelesaikan RPS.

 

Sesi I dan II kegiatan workshop ini menghadirkan dua orang narasumber yaitu Prof Dr. Ir. Hari Purnomo dan Agus Mansyur, ST., M.Eng. keduanya dari FTI-UII. Dalam paparannya disampaikan perlunya setiap prodi untuk meningkatkan status akreditasinya bahkan jika memungkinkan sampai kepada akreditasi internasional. Hal ini harus dilakukan karena persaingan antar perguruan tinggi sudah semakin ketat, bagi PS atau PT yang tidak berkualitas dengan sendirinya akan tersingkir. Lebih lanjut disampaikan bagaimana keterkaitan harus “nyambung” antara CPL dengan CPMK begitu pula antara CPL dengan Visi-Misi. Dalam kerangka kurikulum OBE setiap CPL harus diturunkan ke CPMK dalam setiap mata kuliah dan sebaliknya CPL harus dirumuskan dengan merujuk pada assosiasi PS dan pencapaian Visi Misi institusi, demikian papar prof Hari.

Narasumber kedua, Agus menjelaskan secara detil dan teknis bagaimana CPL diturunkan dalam CPMK lengkap dengan pengkodean, rumusan, indikator, durasi (menit), referensi sampai kepada metode pembelajaran dan pembuatan rubrik penilaiannya.

Sesi III, menghadirkan ketua dan sekretaris PPK untuk menjelaskan dan memandu penyusunan RPS sesuai dengan template yang telah disiapkan PPK sehingga ada keseragaman format di seluruh PS di Universitas Janabadra. Pendampingan dilakukan oleh narasumber hingga setiap dosen pengampu menyelesaikan RPS mata kuliah masing-masing. Kegiatan ini berlangsung dari pagi pukul 09:00 hingga 17:00 WIB. Seluruh kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Novotel Malioboro Yogyakarta dengan maksud semua dosen peserta workshop fokus selama kegiatan berlangsung. Target kegiatan ini, setiap mata kuliah di Fakultas Teknik telah dilengkapi dengan RPS sebagai kelengkapan dari kurikulum OBE.

 

Penulis

Tresno S / Humas dan Kerjasama UJB

Dibaca : 467