Info Akademik

Php2d Hmjm Feb Universitas Janabadra Adakan Pelatihan Pemasaran Umkm

  • Admin
  • 03 Desember 2021
  • 426

Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Janabadra membantu menghidupkan kembali dan mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Wonolelo, Pleret, Bantul, DIY, Minggu (28/11) Khususnya di bidang pemasaran. Upaya ini bertujuan mendorong UMKM terdampak pandemi covid-19. Sasaran dari kegiatan ini adalah Kelompok Ibu Buruh Rumahan yang mengelola olahan labu kuning dan kreasi kain perca.

“Kegiatan pelatihan ini diadakan sebagai wujud realisasi dari Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021,” tutur Weny selaku ketua Tim PHP2D. Ia menambahkan bahwa pelatihan pemasaran produk UMKM ini dapat menambah wawasan masyarakat desa Wonolelo sekaligus membantu meningkatkan penjualan produk olahan labu kuning dan kreasi kain perca. Harapanya UMKM binaan dapat memperluas jangkauan pemasaran melalui digital marketing sejalan dengan materi yang disampaikan oleh narasumber.

Selanjutnya, Friska, selaku ketua HMJM juga mengatakan, “masalah lain yang dihadapi oleh masyarakat desa adalah kurangnya pembaharuan SDM. Maka dari itu, sebelumnya kami juga telah mengajak beberapa ibu-ibu rumah tangga untuk turut bergabung dalam kelompok ibu buruh rumahan. Hasilnya, banyak anggota baru yang terkumpul dalam kelompok tersebut.”

“Kami juga sedang mengupayakan untuk membuat desain kemasan produk dan memberikan bantuan akses perizinan usaha untuk olahan labu kuning berupa Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT),” tuturnya lagi.

Lebih lanjut, Tim PHP2D juga memberikan bantuan berupa alat pengering dan penepung. Pemberian bantuan mesin bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan memberi nilai jual yang lebih tinggi pada produk olahan labu kuning yang terhambat ketika musim penghujan.

“Alhamdulillah tim PHP2D HMJM lolos Nominasi yang berarti akan memberikan keuntungan bagi kita karena kedepannya Desa Wonolelo ini bisa di ajukan lagi untuk program selanjutnya, yakni P3D,” tutur Danang Wahyudi selaku dosen pembimbing dalam sambutannya Minggu (28/11/2021). 

Secara kesuluruhan melalui program ini diharapkan Tim PHP2D HMJM FEB Universitas Janabadra mampu berkolaborasi dan berkontribusi dalam membangun Desa Wonolelo menjadi desa yang mandiri di bidang industri kreatif.

Sumber : Danang Wahyudi / Kaprodi Manajemen

Dibaca : 426