Info Akademik

Sosialisasi Mbkm Prodi Teknik Sipil Ft-ujb

  • Admin
  • 03 November 2021
  • 448

Proses persiapan MBKM di PS Teknik Sipil FT-UJB sudah dilakukan cukup lama, sosialisasi pun sudah dilakukan beberapa kali meskipun sebagian besar dilakukan secara online. Lebih lanjut disampaikan oleh pak Prass demikian sapaan Ka. Prodi TS-UJB, bahwa tujuan MBKM adalah meningkatkan kompetensi lulusan baik soft skill maupun hard skill agar lebih siap dan relevan dengan perkembangan jaman, menyiapkan lulusan menjadi pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. MBKM memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah atau kompetensi yang diinginkan. Selama 3 semester mahasiswa boleh berkegiatan akademik (pembelajaran) di luar prodinya. SKS di luar PT maksimum 40 SKS paling lama 2 semester, ditambah lagi 20 SKS di prodi yang berbeda dalam PT yang sama selama 1 semester.

Hari ini Rabu (3/11) PS Teknik Sipil UJB kembali menyelenggarakan sosialisasi MBKM khusus kepada para dosen. Rektor Universitas Janabadra Dr. Ir. Edy Sriyono, MT dalam sambutannya menyampaikan, mau tidak mau dan suka tidak suka setiap PS harus menuju ke kurikulum MBKM. Bagi PS / Fakultas yang belum mengimplementasikan secara optimal MBKM dipersilahkan belajar pengalaman ke PS / FH yang telah lebih dahulu implementasikan. Bicara tentang beban dan tanggungjawab, menjadi dosen saat ini tidaklah mudah, banyak pekerjaan yang harus dipersiapkan, dosen dituntut menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Untuk itu diperlukan dukungan penuh dari fakultas, semua pihak harus kerja keras secara bersama untuk mewujudkan dan mengimplementasikan kurikulum MBKM.

Lebih lanjut Ka. Prodi TS-UJB menyampaikan bahwa prinsip MBKM adalah PT wajib memfasilitasi sementara mahasiswa suka rela (boleh mengambil / boleh tidak mengambil) atas hak mahasiswa. Tugas dan kewajiban Prodi, a.l. menyiapkan kurikulum dengan model implementasi kampus merdeka, dan memfasilitasi mahasiswa yang mengambil pembelajaran lintas prodi baik di dalam PT maupun di luar PT. Sedangkan mahasiswa diberikan kesempatan untuk merencanakan program dengan arahan dosen pembimbing, mendaftarkan diri pada program tertentu, melengkapi persyaratan yang diperlukan serta mengikuti program hingga tuntas. Disamping PS sebagai pelaksana program dan mahasiswa, ada pihak ketiga yaitu mitra. Mitra dapat berupa sesama PT, serta dunia usaha dan dunia industry (DUDI). Bersama mitra Prodi/Fakultas/Universitas merumuskan dan membuat kerjasama (MoU/SPK) serta melaksanakan / mendukung terlaksananya program sebagaimana tertuang dalam MoU / SPK. Untuk PS Teknik Sipil UJB, beberapa MK yang dirancang sebagai TLPT: Fisika Dasar, Matematika, Pendidikan Agama, Pendidikan Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris. Sedangkan MK yang dirancang sebagai TDPT: Pendidikan Pancasila, Kewarganegaraan dan Pendidikan Kebangsaan. Disamping program pertukaran mahasiswa dengan prodi lain (dalam/luar PT), terdapat program pembelajaran di luar kampus berupa: Magang, Kampus Mengajar, Proyek Desa, Riset Independent, Praktek Wirausaha serta KKN tematik. Beban SKS kegiatan di luar prodi non mata kuliah nantinya dapat dikonversi ke dalam MK non origin prodi. Tempat beraktifitas di luar kampus harus sudah ditetapkan sebagai mitra yang dibuktikan dengan MoU Kerjasama. Semester 7 diagendakan untuk mahasiswa berkegiatan MBKM di luar kampus seperti magang dan sebagainya.

Pada kesempatan yang sama, peserta sosialisasi (para dosen TS-UJB), pengelola program studi serta pimpinan fakultas dengan dipandu PPK-UJB lebih lanjut membahas keberadaan dokumen utama kurikulum yang sedianya akan disempurnakan dan disesuaikan dengan kurikulum berbasis Outcome Base Education (OBE) yang kini banyak digunakan sebagai dokumen utama akreditasi baik oleh BAN-PT dengan 9 standar maupun oleh lembaga akreditasi internasional. Dalam kurikulum OBE harus sudah dirumuskan profil lulusan untuk selanjutnya digunakan untuk menyusun matrik CPL dan CPMK nya. Banyak hal harus dipersiapkan / disempurnakan di prodi TS-UJB ini  dalam rangka program reakreditasi yang akhir tahun ini sudah masuk pada tahun TS. Untuk itu dalam waktu dekat PS ini rencana akan menyelenggarakan workshop: menuju prodi "unggul” dengan mengundang seluruh dosen yang jumlahnya sekitar 20 orang.

 

Penulis

Tresno S / Humas dan Kerjasama UJB

Dibaca : 448