Info Akademik

Testimoni, Good Practices Dari Mahasiswa Peserta Pkkm

  • Admin
  • 31 Oktober 2021
  • 552

Program Kompetisi Kampus Merdeka (Hibah PKKM) untuk dua PS yaitu PS Ilmu Hukum dan PS Teknik Sipil Universitas Janabadra tahun 2021 telah memasuki tahap akhir program, untuk itu hari ini sabtu (30/10) dilakukan Monitoring dan Evaluasi oleh empat orang Tim Monev dari Dirjen Dikti yaitu Dr. Andi Dharmawan S.Si. M.Cs. (Reviewer dr Perguruan Tinggi), Nika Roekmi Woelan (Reviewer dari Dunia Industri), Nur Ratna Sari (sekretariat PKKM), Rosi Permata Sari (sekretariat PKKM). Kegiatan Monev berlangsung dari tengah hari hingga sore hari dan berjalan lancar dengan menghadirkan seluruh tim taskforce. Pada program Hibah ini Program Studi Ilmu Hukum FH melaksanakan 7 program yaitu:

  1. Peningkatan jiwa entrepreneur lulusan guna memasuki dunia usaha dan dunia industry (IKU 1)
  2. Optimalisasi Potensi Mahasiswa Berprestasi (IKU 2)
  3. Aktualisasi Penerapan Kegiatan MBKM Pada Prodi Hukum Dalam Upaya Pencapaian Lulusan Yang Berkompetensi (IKU 2 dan IKU 6)
  4. Peningkatan Kompetensi Profesi Dosen Dalam Rangka Optimalisasi Proses Pembelajaran (IKU 3 & IKU 4)
  5. Peningkatan Riset Dosen (IKU 3 dan IKU 5)
  6. Pengembangan Kurikulum berbasis Case Method atau project based learning (IKU 7)
  7. Internasionalisasi Program Studi Hukum Untuk Memperoleh Rekognisi Internasional (IKU 8-IKU 6)

Sedangkan Program Teknik Sipil melaksanakan 6 program yaitu:

  1. Peningkatan Kualitas Lulusan
  2. Magang dan Link Match dunia Industri
  3. Fasilitasi Kegiatan Belajar Mengajar Mahasiswa MBKM (IKU 2)
  4. Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi /Profesi Dosen (IKU 4)
  5. Peningkatan Riset Dosen (IKU 5)
  6. Peningkatan Inovasi Pembelajaran berbasis Augmented Reality (IKU 7)

Dari sejumlah program yang dilaksanakan oleh kedua PS, sebagian besar telah terlaksana, beberapa on progress dan hanya menyisakan satu-dua kegiatan yang belum terlaksana karena kendala teknis dampak pandemi Covid-19 dan kini diupayakan untuk tetap dilakukan dengan beberapa bentuk alternatif kegiatan lain.

Dalam kesempatan monev, Dr. Ir. Edy Sriyono MT Rektor Universitas Janabadra menyampaikan ungkapan syukur dan terima kasih Universitas Janabadra telah mendapatkan kepercayaan dan kesempatan dari Kemendibud Ristek meraih hibah PKKM ini. Sungguh program-program PKKM ini menjadi energi positip dalam pengembangan suasana adakemik di lingkungan UJB.

Pada kesempatan diskusi pendalaman, Tim Monev mencoba menggali informasi dari testimoni para mahasiswa penerima manfaat. Tiga mahasiswa Ilmu Hukum FH-UJB (Putri, Winarno dan Sigit) mewakili rekan-rekannya menceritakan betapa bangga dan senangnya para mahasiswa memperoleh kesempatan berinteraksi dengan para mahasiswa dari berbagai PT asing dalam program International Summer Cource (Student Exchange) yang berlangsung tanggal 10 sd 19 September lalu. “Melalui program ini kami mendapat kesempatan mengexplor kemampuan penguasaan bahasa, seni dan budaya beberapa negara asia karena dalam waktu singkat kami harus belajar bahasa dan tarian dari beberapa negara Asia lain”, demikian kisah Putri, Winarno dan Sigit. Lebih membanggakan lagi lima orang perwakilan MHS FH-UJB berhasil meraih prestasi keluar sebagai juara 1-2-3 yang berhasil mengalahkan 90 peserta dari berbagai PT dalam dan luar negeri pada program tersebut.

Pun demikian kisah serupa disampaikan oleh perwakilan mahasiswa Teknik Sipil FT-UJB yang mengikuti program PKKM, banyak pengalaman menarik saat mengikuti Virtual Student Exchange Programme (VSEP) di Universiti Teknologi Petronas (UTP) Malaysia yang berlangsung Oktober-Desember ini. “Ada manfaat berupa pengalaman dan ilmu yang kami dapat dari program ini, dicontohkan ketika mengambil kelas Ekonomi Teknik, sama-sama mata kuliah Ekonomi Teknik tetapi ada ilmu dan pengalaman baru yang diperoleh di VSEP ini yang belum / tidak kami diperoleh di kelas sebelumnya di Indonesia” demikian ungkap Fadhya Razzaq Bagaskhaula dan Muhammad Wildan mewakili rekan-rekannya yang mengikuti program VSEP tersebut. Demikian pula kisah menggembirakan dari Nanda Fitriyani dan Fitri Meilani yang mewakili para mahasiswa yang mengikuti program magang dan Link Match dunia Industri. “Pada kesempatan magang kami dihadapkan pada persoalan-persoalan riil dan kami harus mencari solusinya, tidak sekadar pengetahuan secara teori tetapi kami mendapatkan pengalaman praktek langsung pada persoalan di lapangan” demikian kisah Nanda dan Fitri. Pada program PKKM ini ada setidaknya 11 perusahaan menawarkan kepada PS Teknik Sipil UJB untuk mengirim mahasiswanya mengikuti magang selama 6 bulan di perusahaan-perusahaan yang bernaung di bawah INKINDO.

 

Penulis

Tresno / Humas dan Kerjasama UJB

Dibaca : 552