...

Berita

Universitas Janabadra

Ujb Gandeng Pt Pegadaian Area Yogyakarta Untuk Implementasi Mbkm


UJB gandeng PT Pegadaian Area Yogyakarta untuk Implementasi MBKM

Universitas Janabadra (UJB) sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang melaksanakan program MBKM dari Kemendikbud, dituntut untuk menjalin kerjasama dengan berbagai Lembaga / Institusi lain untuk memberikan fasilitas kepada mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian. Hari ini Rabu (13/10) UJB menjalin kerjasama dengan PT Pegadaian Area Yogyakarta, melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama.  Semoga kerjasama ini memberikan manfaat bagi kedua lembaga, demikian dikatakan Nurwiyanta, SE., MM selaku Dekan FEB UJB.

Dalam kata sambutannya, Dr. Ir. Edy Sriyono, MT selaku rektor menyampaikan pentingnya implementasi MoU antara kedua lembaga dalam berbagai kegiatan, dari kegiatan tersebut semoga dapat dipetik manfaat oleh kedua lembaga ini disamping sudah barang tentu memberikan manfat bagi kalayak yaitu masyarakat pelaku usaha, khususnya UMKM. “MoU jangan hanya sebatas penandatanganan tetapi tidak pernah diimplementasikan, MoU ini harus diwujudkan dengan kegiatan nyata oleh kedua lembaga ini sebagai bentuk implementasinya, dan kedua lembaga seharusnya dapat memetik manfaat dari kesepakatan ini”, demikian ucap Edy Sriyono.

Program MBKM menuntut PT untuk memfasilitasi mahasiswa maksimum 60 sks di luar prodi dan bahkan di luar PT. Bentuk kegiatan banyak ragamnya mulai dari pertukaran mahasiswa, KKN tematik, magang dan sebagainya. Intinya adalah bagaimana lulusan PT mendapatkan link dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha (DIDU) secara baik untuk mendapatkan atau meningkatkan ketrampilan dan kompetensi tertentu yang diharapkan mahasiswa sebagai calon lulusan. Secara umum MoU antara kedua lembaga ini terdiri kegiatan pembelajaran, penelitian, pengabdian serta literasi inklusi keuangan, namun dalam pelaksanaan dapat dikembangkan dalam berbagai kegiatan lain yang bermanfaat baik bagi mahasiswa maupun kedua lembaga ini.

Dalam sambutannya, Ngatawi, SE selaku Vice President PT Pegadaian Area Yogyakarta mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada pegadaian untuk bersama menandatangani MoU ini. Itu artinya ada dibukakan pintu bagi PT Pegadaian untuk melakukan kegiatan bersama dengan UJB. Lebih lanjut diperkenalkan bahwa Pegadaian adalah BUMN milik negara, yang sejak bulan Juni 2021 lalu telah berubah menjadi anak perusahaan dari PT Persero BRI. Tidak lupa Ngatawi menyampaikan ucapan Selamat Dies 63 UJB, semoga sukses untuk UJB dan terus maju berkembang. Merasa sebagai pejabat baru yang memulai tugasnya pada 25 Agustus 2021 ini, Ngatawi banyak melakukan silaturahmi ke banyak pejabat / pimpinan institusi / lembaga yang ada di Yogyakarta. Wilayah Kerja PT Pegadaian Area Yogyakarta tidak hanya D.I.Y. tetapi juga plus daerah Magelang dan Purworejo. Senada dengan rektor, MoU jangan hanya sampai pada tanda tangan bersama tetapi harus sungguh ada implementasinya, demikian ucap Ngatawi.

Menelisik manfaat Pegadaian bagi kampus dan mahasiswa, Ngatawi berharap seorang mahasiswa pintar tidak cukup pintar di kelas atau di kampus saja tetapi juga pintarlah di dunia kerja, mahasiswa harus paham bagaimana layanan di pegadaian untuk itu perlu “magang” dan kami terbuka untuk itu. Produk pegadaian dulu hanya dikenal ada satu yaitu “jasa gadai”, tetapi sekarang sudah banyak produk-produk PT Pegadaian termasuk salah satunya bidang inklusi keuangan. Sejak 2000an PT Pegadaian telah bertransformasi. Tabungan emas salah satu produk unggulan PT Pegadaian saat ini. Bahkan oleh holding company ke depan pegadaian akan dijadikan sebagai bank emas di Indonesia. Saat ini ada 24 produk yang dimiliki PT Pegadaian, sehingga menjadi supermarket keuangan.

 

Penulis

Tresno / Humas dan Kerjasama UJB

 

 

 

Dibaca: 156x

Info Akademik

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA VIDEO KREATIF  “AYO KULIAH DI UJB”  UNIVERSITAS JAN [..]

Selengkapnya

by Admin | 7 Aug 2021

Dengan adanya mengurangi dampak penularan COVID-19, maka Universitas Janabadra telah memberikan laya [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Nov 2020

PERSYARATAN KHUSUS BERKAS YANG DILENGKAPI CALON YANG LULUS TAHUN 2020 Formulir pendaftaran [..]

Selengkapnya

by Admin | 12 Aug 2020