...

Berita

Universitas Janabadra

Laporan Rektor, Disampikan Dalam Upacara Dies 63 Tahun Ujb


Laporan Rektor, disampikan dalam Upacara Dies 63 tahun UJB

Sebagaimana biasanya, setiap peringatan Dies Natalis rektor menyampaikan laporan tahunan yang disampaikan pada Upacara Dies di hadapan rapat terbuka Senat Universitas. Dalam laporan tahunan 2021, Dr. Ir. Edy Sriyono, MT rektor Universitas Janabadra menyampaikan bahwa salah satu indikator kualitas pendidikan yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk mengukur kualitas tersebut adalah perolehan peringkat akreditasi baik untuk masing-masing program studi maupun akreditasi institusinya. Perolehan peringkat akreditasi institusi Universitas Janabadra adalah B berdasarkan SK BAN-PT No. 437/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/VII/2020 tertanggal 7 Juli 2020. Sedangkan perolehan peringkat akreditasi dari seluruh program studi yang ada di Universitas Janabadra, dua program studi telah mendapatkan peringkat akreditasi A yaitu PS Agribisnis dan PS Hukum, sembilan program studi lainnya dengan peringkat akreditasi B.

Melemahnya perekonomian Indonesia akibat pandemi Covid-19 mempengaruhi penerimaan mahasiswa baru tahun 2021/2022.  Di tahun 2020 penerimaan mahasiswa masih mencapai angka seribu, ditahun 2021 ini penerimaan mahasiswa baru tidak mencapai seribu. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya mahasiswa baru berasal dari hampir semua propinsi di Indonesia. Ini menunjukkan popularitas Universitas Janabadra di masyarakat dinilai cukup baik. Penerimaan mahasiswa baru selama lima tahun terakhir rata-rata 64 % dari calon mahasiswa yang mendaftar dinyatakan diterima dan telah melakukan herregistrasi, angka ini tentu saja masih terbilang “cukup” sehingga kegiatan promosi perlu ditingkatkan.

Alhamdulillah ditengah maraknya Pandemi Covid-19 yang dialami terjadi peningkatan mahasiswa aktif di Tahun Akademik 2020/2021. Universitas Janabadra terus berupaya selalu melakukan peningkatan pelayanan kepada mahasiswa selain perlunya peningkatan sarana, prasarana, dan fasilitas pendukung lainnya terutama terkait dengan pembelajaran daring. Sistem informasi manajemen di Universitas Janabadra terus dilakukan pengembangan dan peningkatan mulai dari penerimaan mahasiswa baru secara online, sistem pembayaran mahasiswa bekerjasama dengan bank BNI dan bank BRI, sistem informasi akademik, sistem perkuliahan berbasis LMS (Learning Management System) dan sistem penilaian kinerja dosen. Dan untuk mendukung implementasi MBKM dikembangkan Sistem basis data kegiatan MBKM dan Database Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Dari aspek jumlah lulusan, sampai dengan periode Agustus 2021, Universitas Janabadra telah meluluskan sebanyak 18.291 lulusan. Berdasarkan hasil tracer study, lulusan Universitas Janabadra tersebar di seluruh Indonesia dan juga di luar negeri. Mereka ada yang bekerja di sektor pemerintahan, sektor swasta, sebagai pengusaha, usaha mandiri, dan sebagainya.

Terkait dengan kerjasama dalam negeri, beberapa kerjasama telah dilakukan dengan beberapa perguruan tinggi, perusahaan, dan pemerintah terkait implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Kerjasama tersebut diantaranya adalah kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang pembelajaran online Pengetahuan Dasar Anti Korupsi dan Integritas sebagai muatan wajib pada Pendidikan Kebangsaan di Universitas Janabadra. Kerjasama dalam negeri yang lain adalah dengan Univeristas Negeri Yogyakarta, Universitas Sarjanawiyata, Universitas Wijaya Kusuma Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Surabaya serta STIMIK AMIKOM untuk pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan kerjasama dengan Kopassus Grup 2 Kartosura dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Untuk kerjasama luar negeri telah dilakukan diantaranya dengan Kyungsung University Republic of Korea, Yungson University Korea Selatan dan Universiti Kebangsaan Malaysia dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Untuk mengakhiri laporan, rektor menyampaikan “Pencapaian Universitas Janabadra ini tentunya tidak terlepas dari peran serta seluruh sivitas akademika Universitas Janabadra, untuk itu saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berperan aktif memajukan Universitas Janabadra” demikian Edy Sriyono menutup penyampaian laporan tahunan rektor dihadapan rapat terbuka senat universitas.

 

Disarikan dari materi Laporan Rektor

 

 

Dibaca: 37x

Info Akademik

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA VIDEO KREATIF  “AYO KULIAH DI UJB”  UNIVERSITAS JAN [..]

Selengkapnya

by Admin | 7 Aug 2021

Dengan adanya mengurangi dampak penularan COVID-19, maka Universitas Janabadra telah memberikan laya [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Nov 2020

PERSYARATAN KHUSUS BERKAS YANG DILENGKAPI CALON YANG LULUS TAHUN 2020 Formulir pendaftaran [..]

Selengkapnya

by Admin | 12 Aug 2020