...

Berita

Universitas Janabadra

Telaah Keilmuan Riset Akuntansi, Kado Ilmiah Dies Natalis 63th Ujb


Telaah Keilmuan Riset Akuntansi, kado ilmiah Dies Natalis 63th UJB

Dalam Panduan Pelaksanaan Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi Program Sarjana, (BAN PT Tahun 2020) dijelaskan bagimana pelaksanaan pemantauan, evaluasi, dan penilaian terhadap pemenuhan syarat peringkat akreditasi. Dalam buku tersebut dibedakan atas 3 (tiga) tahapan. Tahap 1, pemantauan dilakukan berdasarkan data program studi yang dilaporkan secara berkala oleh perguruan tinggi ke PDDikti. Jika hasil pemantauan tahap 1 belum memenuhi syarat perpanjangan keputusan akreditasi, maka proses akan dilanjutkan ke pemantauan tahap 2. Pada tahap ini akan dilakukan evaluasi dan penilaian dokumen Data Kinerja dan dokumen Laporan Evaluasi Kinerja yang disampaikan perguruan tinggi atas permintaan BAN-PT. Dalam hal hasil pemantauan tahap 2 belum memenuhi syarat perpanjangan keputusan akreditasi, maka proses pemantauan dilanjutkan ke pemantauan tahap 3. Pada tahap ini akan dilakukan verifikasi fakta dan kondisi lapang di perguruan tinggi terhadap data dan informasi yang disampaikan sebelumnya pada dokumen Data Kinerja dan dokumen Laporan Evaluasi Kinerja. Hasil evaluasi dan penilaian tersebut selanjutnya akan digunakan BAN-PT sebagai bahan pertimbangan untuk memperpanjang peringkat akreditasi untuk jangka waktu 5 (lima) tahun berikutnya, atau mencabut akreditasi yang telah diberikan dan menetapkan Keputusan Peringkat Akreditasi yang baru.

Berkaca pada pedoman tersebut, bukan perkara sepele bagi sebuah program studi saat ini untuk dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan peringkat akreditasinya. Program studi dipacu untuk secara konsisten dan pro aktif melakukan perbaikan data kinerja sebagaimana yang dipersyaratkan BAN PT. Sebagai langkah antisipatif, PS Akuntansi FEB Universitas Janabadra bersiap diri melakukan satu kegiatan produktif karya ilmiah berupa buku yang diterbitkan oleh para dosen di program studi ini. Beberapa dosen berhimpun dalam satu tim masing-masing berkontribusi sesuai dengan kompetensinya menulis satu bagian (chapter) yang kemudian disatukan menjadi sebuah book chapter yang diberi judul “Telaah Keilmuan Riset Akuntansi” yang saling mengisi satu dengan yang lain. Melalui karya ini, diharapkan akan memantik karya-karya lainnya sebagai sumbangsih para dosen dan program studi dalam pengembangan keilmuan khususnya bidang akuntansi.

Bertepatan dengan perayaan dies natalis ke 63 Universitas Janabadra tahun 2021 ini, launching karya ilmiah para dosen Program Studi Akuntansi ini semoga dapat menjadi inspirasi bagi para dosen pada program studi lainnya di lingkungan Universitas Janabadra. Selamat Dies Natalis ke 63 UJB dan terus berkarya bagi para dosen PS Akuntansi FEB.

 

Penulis

Tresno S / Humas dan Kerjasama UJB

 

 

Dibaca: 60x

Info Akademik

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA VIDEO KREATIF  “AYO KULIAH DI UJB”  UNIVERSITAS JAN [..]

Selengkapnya

by Admin | 7 Aug 2021

Dengan adanya mengurangi dampak penularan COVID-19, maka Universitas Janabadra telah memberikan laya [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Nov 2020

PERSYARATAN KHUSUS BERKAS YANG DILENGKAPI CALON YANG LULUS TAHUN 2020 Formulir pendaftaran [..]

Selengkapnya

by Admin | 12 Aug 2020