...

Berita

Universitas Janabadra

Apresiasi Atas Prestasi Mhs Fakultas Hukum Ujb Di Kancah Internasional


Apresiasi atas prestasi MHS Fakultas Hukum UJB di Kancah Internasional

Hari ini, Jumat (24/9) pimpinan Universitas Janabadra bersama pimpinan Fakultas Hukum memberikan penghargaan atas prestasi tingkat internasional yang berhasil diraih oleh mahasiswa/mahasiswi Fakultas Hukum dalam ajang essay competition di UNESA international creative summer course.  Dr. Sudiyana selaku dekan FH-UJB menyampaikan, bahwa pemberian penghargaan terhadap mahasiswa yang berprestasi pada kegiatan essay competition di UNESA international creative summer course ini merupakan bentuk apresisasi Universitas Janabadra atas keberhasilan para mahasiswa di ajang internasional. Mereka bersama-sama para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seperti Universitas Wijaya Kusuma, Universitas Pendidikan Nasional, serta beberapa universitas LN seperti Universitas Kebangsaan Malaysia, juga beberapa universitas dari Thailand, Philipina, serta Korea mengikuti program student exchange. Dalam ajang tersebut, perwakilan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Janabadra berhasil meraih prestasi sebagai juara 1, 2 dan 3. Prestasi ini dapat diraih berkat perjuangan dan komunikasi selama ini dengan pihak-pihak baik dalam dan luar negeri untuk memberikan forum dan fasilitas kepada para mahasiswa di tingkat internasional. Lebih lanjut dekan FH-UJB berharap setelah mereka nanti lulus S1 dapat lanjut S2 di beberapa perguruan tinggi di Malaysia, Thailand, Philipine atau Korea sebagai PT mitra dan setelah itu kembali mengabdi ke FH-UJB. Untuk studi ke Korea misalnya, mahasiswa perlu usaha ekstra yaitu belajar bahasa Korea dan Mandarin.

Dr. Edy Sriyono, selaku Rektor, dalam sambutannya menyampaikan selamat atas perjuangan yang luar biasa dalam situasi pandemi seperti sekarang ini para mahasiswa ini tidak surut untuk terus berjuang maju dan berprestasi. Hasil ini merupakan implementasi MoU Universitas Janabadra khususnya Fakultas Hukum dengan Kyongsung University Korea, mereka bergabung dari berbagai PT di Asean dengan jumlah peserta 80 orang mahasiswa. “Semoga keberhasilan ini membawa manfaat bagi kampus Universitas Janabadra” demikian kata rektor.

Dalam kesempatan yang sama, Drs. Suryadiman selaku Ketua Yayasan perguruan Tinggi Janabadra (YPTJ) memberikan dan selamat atas prestasi para mahasiswa FH di kancah internasional. Prestasi ini merupakan buah dari akreditasi A yang diraih FH-UJB, prestasi ini perlu kita syukuri bersama. Lebih lanjut, Ketua Yayasan berharap rektor harus berusaha akredirasi institusi bisa segera A, begitu pula beberapa prodi yang lain yang saat ini masih B untuk segera ditingkatkan menjadi A. Di Universitas Janabadra tidak boleh lagi ada “ego sectoral”, semua unit harus bersatu untuk maju bersama-sama. Momen ini sekaligus menjadi pemicu bagi Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra untuk mendorong universitas terus maju dan berkembang. Kini saatnya Universitas Janabadra untuk bangkit dan maju, kualitas harus terus ditingkatkan. Ke depan, perlu dipersiapkan rektor harus seorang prof aktif, begitu pula dekan harus seorang doktor atau dengan kualifikasi tertentu. Regenerasi harus segera dipikirkan, ketika yang tua pensiun maka yang muda-muda sudah siap menyusul dengan kualitas yang jauh lebih baik dari yang ada saat ini.

Pada kesempatan yang sama, Winarno mewakili teman-teman mahasiswa lain yang berprestasi, memberikan kesan dan pengalaman selama mengikuti program student exchange. Mahasiswa semester tiga ini menyampaikan untuk bisa tampil dan berprestasi diantara para mahasiswa yang tergabung dari berbagai PT di Asean ini “kami” harus berani “mencolot” (red:lompat), untuk dapat dilihat oleh para mahasiswa dari universitas LN. “Kami harus bisa menunjukkan bahwa kami mempunyai kepribadian, berbudaya luhur, santun namun juga kritis. Kami harus ikut berbagai kelas yang disediakan oleh PT penyelenggara seperti bahasa Tagalok, tarian Philipine dan sebagainya. Teman-teman sangat kompak meski kami baru 1-2 hari bertemu. Kami harus selalu berusaha mengeluarkan ide-ide kreatif, hingga akhirnya berhasil meraih juara 1, 2, dan 3 demikian ucap Winarno. Mahasiswa yang baru menginjak semester tiga ini menyampaikan terima kasih atas perhatian dan fasilitas yang diberikan Universitas Janabadra hingga mereka dapat berprestasi di tingkat internasional. Pesan ke depan ajang / forum internasional seperti ini lebih banyak lagi dibuka dan diselengarakan untuk menyalurkan softskill yang dimiliki para mahasiswa. Program student exchange seperti ini perlu terus dikembangkan.

 

Penulis

Tresno/ Humas dan Kerjasama UJB

 

 

Dibaca: 213x

Info Akademik

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA VIDEO KREATIF  “AYO KULIAH DI UJB”  UNIVERSITAS JAN [..]

Selengkapnya

by Admin | 7 Aug 2021

Dengan adanya mengurangi dampak penularan COVID-19, maka Universitas Janabadra telah memberikan laya [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Nov 2020

PERSYARATAN KHUSUS BERKAS YANG DILENGKAPI CALON YANG LULUS TAHUN 2020 Formulir pendaftaran [..]

Selengkapnya

by Admin | 12 Aug 2020