Info Akademik

Lepas Mahasiswa Magang Ke Dudi_program Kompetisi Kampus Merdeka (pkkm) 2021

  • Admin
  • 16 September 2021
  • 482

Tahun 2021 Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Janabadra (FT-UJB) mendapatkan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek. Salah satu kegiatan dalam hibah tersebut adalah magang mahasiswa di perusahaan jasa konstruksi. Mahasiswa perlu mengenal dunia usaha dan dunia industri sebelum lulus. Pengenalan dunia usaha dunia industri (DUDI) dilakukan melalui magang di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang teknik sipil. Mahasiswa yang telah dibekali ilmu melalui bangku kuliah diberikan kesempatan untuk menerapkan ilmunya. 

Tujuan magang ini adalah mempersiapkan mahasiswa masuk dalam dunia usaha dunia industri sehingga begitu lulus sudah siap memasuki DUDI. Mahasiswa yang telah memenuhi syarat akademik, dilakukan seleksi oleh perusahaan (mitra) dimana mahasiswa akan dimagangkan beserta dosen yang akan membimbing magang. Capaian yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mahasiswa mengikuti kegiatan magang secara penuh (6 bulan) kemudian dievaluasi dan dinyatakan layak lulus oleh perusahaan mitra dan dosen pembimbing.

Proses magang diawali dengan seleksi akademik dan wawancara oleh mitra dan dosen pembimbing. Sebanyak 30 orang mahasiswa dinyatakan layak untuk mengikuti magang di perusahaan jasa konstruksi. Pada periode ini, mahasiswa magang dikirim ke 11 perusahaan jasa konstruksi berikut ini:

1. Transformasi Cita Infrastruktur

2. CV. Wika Sadewa

3. CV. Mitra Karya Utama

4. PT. Arsigraphi

5. CV. Griya Adi Cipta

6. PT. Kalaprana

7. CV. Karsa Prawira

8. CV. Agung Consultant

9. Arsiferris

10. PT. Pola Data Konsultan

11. CV. SEIA Cons

 

Rabu (15/9), Titiek Widyasari, S.T., M.T. selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Janabadra melepas 30 orang mahasiswa untuk mengikuti magang. Sebelum mahasiswa dikirim untuk magang, diberikan pembekalan oleh Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto, S.T., M.T. Ketua Pusat Pengembangan Kompetensi (PPK) Universitas Janabadra. Pembekalan diisi dengan sistem pelaporan yang terintegrasi LMS (Learning Management System) yang dapat dipantau oleh mitra dan dosen pembimbing.

 

Penulis

Tresno / Humas dan Kerjasama UJB

Dibaca : 482