...

Berita

Universitas Janabadra

Dekanat Menyapa


Dekanat Menyapa

Untuk menyambut mahasiswa baru TA 2021-2022 Program Magister Fakultas Hukum Universitas Janabadra (FH-UJB), jajaran pengurus fakultas menggelar acara dengan tajuk Dekanat Menyapa yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting (12/9). Dalam sambutannya, Dr. Sudiyana, SH., M.HUm. selaku dekan Fakultas Hukum Universitas Janabadra (FH-UJB) menyampaikan terima kasih kepada Pengurus Program Magister yang telah menyelenggarakan program selama ini dan terima kasih kepada mahasiswa baru yang telah memilih untuk kuliah di program magister FH-UJB. Untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru, segenap pengurus FH-UJB mengucapkan selamat datang di kampus kebangsaan Universitas Janabadra. Di FH-UJB ada dua program Pendidikan yang diselenggarakan, S1 (Program Sarjana) dan S2 (Program Magister Hukum). Selaku Ketua Program Studi saat ini adalah Dr. Roma Fransiska Harjiatni SH., M.Hum dan sekretaris Samun Ismaya SH., M.Hum. Saat ini Program Magister Hukum UJB mampu meluluskan sekitar 80 orang per tahun atau 40 orang mahasiswa lulus per semester. Data fakultas, rata-rata masa studi program magister 1,8 bulan. Lebih lanjut dikatakan, “peserta mahasiswa baru diharapkan lulus tepat waktu, sehingga dapat membantu kinerja institusi ini dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar secara baik. Pun demikian, para mahasiswa juga pasti berharap tidak ingin berlama-lama mengikuti program pendidikan. Lulusan rata-rata sebagai penegak hukum, mulai dari polisi, jaksa, hakim, dan aparat di lembaga2 hukum lain seperti KPU/Bawaslu dan lembaga2 pemerintahan serta lembaga independen lain termasuk LBH”, demikian ucap Sudiyana.

Lulusan program magister ini akan menyandang gelar MH untuk selanjutnya ilmunya diabdikan secara proporsional dan professional di masyarakat sesuai profesi dari masing-masing. Saat ini perkembangan teknologi sangat cepat dan semakin kompleks, pada ujungnya jika ada kasus-kasus penyelesaian melalui hukum. Secara umum program Pendidikan dalam bidang ilmu hukum, mahasiswa S1 dibekali ilmu dan pengetahuan sampai pada tingkat implementasi, sedangkan program S2 (magister) sampai kepada pengembangan ilmu pengetahuan. Apa yg sudah diperoleh di S1 saudara kembangkan di program magister ini. Perlu diketahui, bahwa di Univ. Janabadra seluruh aktivitas pendidikan dilakukan berdasarkan semangat dan asas nasionalisme, tidak terafilisasi pada sekelompok masyarakat tertentu baik dalam partai politik tertentu maupun kepada faham / agama tertentu.

 

Dr. Diah Permata Budiasri SH., M.Kn selaku wakil dekan I FH-UJB menegaskan bahwa dalam masa pandemic covid-19 sampai dengan semester ini (ganjil 2021/2021) kebijakan perkuliahan di Universitas Janabadra termasuk di program magister hukum masih menggunakan platform kuliah online menggunakan Learning Management System (LMS). Lebih lanjut wadek I yang akrap disapa ibu Diah, mengharapkan proses perkuliahan bagi mahasiswa baru ini berjalan lancar, lulus tepat waktu. Pengalaman sebelumnya beberapa mahasiswa meninggalkan penyelesaian thesisnya karena kesibukan pekerjaan. Semoga mahasiswa baru ini lancar mulai dari awal perkuliahan hingga akhir penyelesaian thesis.

 

Pada kesempatan yang sama, Dr. Romana Fransiska Harjiatni, SH.M.Hum selaku ketua program studi menjelaskan kurikulum yang ditawarkan tahun 2020 ini dengan tiga konsentrasi yaitu Hukum Kenegaraan dan Pemerintahan, Hukum Bisnis serta Sistem Peradilan Negara. Kurikulum ditawarkan dalam empat semester, kendati demikian banyak lulusan yang menyelesaikan lebih cepat yaitu dalam waktu 3 semester (1 tahun 6 bulan). Semester I mahasiswa diberinkan bekal pengembangan ilmu hukum, semester II mulai penjurusan konsentrasi dan semester III mulai mengerjakan thesis. Dengan demikian dalam waktu 1,5 – 2 tahun diharapkan mahasiswa sudah lulus. Lebih lanjut ibu Siska, demikian panggilan akrap kaprodi saat ini menyampaikan bahwa di program magister FH-UJB ditawarkan alternatif pilihan tidak melalui jalur thesis tetapi melalui jalur publikasi di jurnal internasional bereputasi (terideks scopus/WOS) atau jurnal nasional terakreditasi sinta 1-2. Jumlah mahasiswa baru program magister hukum FH-UJB tahun ajaran 2021/2022 ini sebanyak 32 orang.

 

Penulis

Tresno / Humas UJB

 

 

 

Dibaca: 92x

Info Akademik

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA VIDEO KREATIF  “AYO KULIAH DI UJB”  UNIVERSITAS JAN [..]

Selengkapnya

by Admin | 7 Aug 2021

Dengan adanya mengurangi dampak penularan COVID-19, maka Universitas Janabadra telah memberikan laya [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Nov 2020

PERSYARATAN KHUSUS BERKAS YANG DILENGKAPI CALON YANG LULUS TAHUN 2020 Formulir pendaftaran [..]

Selengkapnya

by Admin | 12 Aug 2020