Info Akademik

Permakk Fp-ujb 2021: Berbagi Tips Dan Trik Untuk Mhs Baru

  • Admin
  • 08 September 2021
  • 418

PERMAKK FP-2021

BERBAGI TIPS DAN TRIK UNTUK MHS BARU

Selasa 7 September 2021, Himpunan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Janabadra menyelenggarakan PERMAKK sebagai rangkaian kegiatan pekan orientasi kampus bagi mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh KBM BEM Universitas Janabadra. Dalam kesempatan ini, menghadirkan secara virtual salah satu alumni yang kini sukses berusaha pada bidang agribisnis di lereng gunung Lawu, Surakarta Jawa Tengah. Wahyu Arif, salah satu alumni FP-Universitas Janabadra yang lulus tahun lalu, tetapi kini telah berhasil menjalankan bisnis mulai dari ternak ayam, hidroponik sayuran-sayuran, budidaya buah-buahan, hingga ternak sapi dan bunga krisan. Usahanya telah dirintis bahkan sejak awal dia kuliah, sebagai sumber penghasilan dan sekaligus sebagai sumber biaya studi.

Pesannya kepada adik-adik mahasiswa baru (Maba): “selagi masa kuliah buatlah prestasi sebanyak mungkin supaya kalian dapat keliling nusantara mengikuti berbagai ajang lomba, bahkan ketika menang dalam lomba akan mendapat hadiah yang lumayan” ucap Wahyu yang pernah beberapa kali mewakili universitas mengikuti lomba di beberapa daerah di luar Jawa.

 

Menjawab pertanyaan Maba, bagaimana pada masa pandemi mahasiwa dapat berprestasi? “Setiap hari buatlah rundown acara kegiatan supaya tidak ada tertumpuk, jika satu kegiatan sudah selesai coret dari list, buat skala prioritas mana kegiatan yang harus dilakukan segera, mana yang bisa dilakukan nanti bahkan beberapa harus ditunda. Selain itu, selama kuliah gali potensi, lakukan kegiatan-kegiatan yang positip seperti jualan online, share konten yang baik-baik, mengikuti zoom meeting seminar dan sebagainya”, demikian ucap Wahyu.

Selama masa studi di FP-Univ. Janabadra, Wahyu selalu aktif mengikuti berbagai kegiatan mulai dari kegiatan budidaya berbagai tanaman sayuran secara hidroponik, kunjungan ke berbagai tempat (PKL) hingga mengikuti lomba debat mahasiswa dan lomba karya ilmiah. Semua kegiatan itu diikuti dan dilakukan tidak lain untuk belajar banyak hal “soft skill” di luar kelas. Ketika menghadapi masyarakat petani yang jauh berpengalaman, dia berusaha dengan sabar dan santun memberikan contoh hal-hal baru dan baik kepada petani.

Moto yang dijadikan sebagai pegangan dalam melakukan bisnis di bidang agribisnis oleh pria yang tidak kenal lelah ini adalah Ora ono jongko kang kajangkah tanpo jumangkah yang artinya tidak ada keinginan yang tercapai tanpa kita melakukan sesuatu. Untuk berhasil, mahasiswa dan pelaku bisnis harus selalu aktif dan kreatif melakukan sesuatu…

“Selamat datang, para adik-adik mahasiswa baru di FP-Univ. Janabadra, sukses untuk kalian semua…”

 

Penulis

Tresno/Humas UJB

Dibaca : 418