...

Berita

Universitas Janabadra

Webinar Fakultas Pertanian Yang Bertema “strategi Bisnis Produk Pertanian Organik Menembus Pasar Modern” Untuk Mengawali Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021


Webinar Fakultas Pertanian yang bertema “Strategi Bisnis Produk Pertanian Organik Menembus Pasar Modern” untuk mengawali perkuliahan semester genap Tahun Akademik 2020/2021

Dalam rangka mengawali perkuliahan semester genap Tahun Akademik 2020/2021, Fakultas Pertanian Universitas Janabadra menyelenggarakan Webinar dengan mengambil tema : “Strategi Bisnis Produk Pertanian Organik Menembus Pasar Modern”.  Webinar diselenggarakan hari Selasa, 16 Februari 2021 pukul 13.00 WIB melalui Zoom. Adapun pembicara yang dihadirkan dalam acara tersebut adalah dua praktisi yang telah lama menekuni pertanian organik, yaitu Untung Wijanarko, A.Md (Direktur Tani Organik Merapi) dan Sugiarto, SE (Direktur Jejaring LestarI).  Webinar dimoderatori oleh Dr. Untoro Hariadi, M.Si (Dosen Fakultas Pertanian UJB).

Webinar selain ditujukan pada kalangan internal juga terbuka buat masyarakat umum, terutama generasi muda. Pertanian organik diangkat menjadi fokus webinar karena tema ini sangat sesuai dengan visi misi Fakultas Pertanian UJB yang memiliki target pencapaian menjadi center of excellence Pertanian Perkotaan dan Pertanian Berkelanjutan pada tahun 2025. Melalui webinar ini generasi muda diharapkan makin terbuka wawasannya dan selanjutnya tertarik untuk mengembangkan usaha pertanian organik sebagai usaha bisnis yang  mampu menembus pasar modern. Pengalaman yang dimiliki oleh Tani Organik Merapi (TOM) dalam mengembangkan pertanian organik bersama-sama dengan Jejaring Lestari yang telah membuktikan dan membawa produk pertanian organik masuk ke pasar modern, diharapkan dapat menginspirasi generasi muda dan mangubah mind-set generasi muda dari yang sebelumnya cenderung pesimis terhadap sektor pertanian menjadi generasi muda yang optimis dan menghargai sektor pertanian sebagai tumpuan harapan masa depan.  

Perkembangan saat ini menunjukkan bahwa melalui strategi bisnis yang tepat produk pertanian organik telah merambah pasar modern seperti supermarket. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi modern dan media sosial, jangkauan pemasaran produk pertanian organik terbukti makin meluas. Di sisi lain meningkatnya kesadaran masyarakat akan produk pangan yang sehat, juga menjadi daya ungkit bagi bangkitnya produk pertanian organik sebagai tumpuan harapan masa depan, khusunya bagi generasi muda.  Dampak yang dapat dirasakan dengan makin berkembangnya pertanian organik adalah semakin sehatnya lingkungan pertanian karena makin banyaknya generasi muda dan petani yang terlibat dalam kegiatan ramah lingkungan ini, baik melalui pola kemitraan maupun usaha mandiri.

 

 

Dibaca: 87x

Info Akademik

Dengan adanya mengurangi dampak penularan COVID-19, maka Universitas Janabadra telah memberikan laya [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Nov 2020

PERSYARATAN KHUSUS BERKAS YANG DILENGKAPI CALON YANG LULUS TAHUN 2020 Formulir pendaftaran [..]

Selengkapnya

by Admin | 12 Aug 2020

Penerimaan Mahasiswa dengan jalur beasiswa bidikmisi telah dibuka, Bidikmisi adalah bantuan bia [..]

Selengkapnya

by Admin | 5 Aug 2019

Agenda

Nov
19

Pendaftaran Pelatihan Membuat Game Tingkat Sma/smk/ma Sederajat Biaya Gratis

Laboratorium Komputer Teknik Informatika Universitas Janabadra

Selengkapnya

Apr
29

Wisuda Sarjana & Pascasarjana Periode April 2017

Auditorium Kph Purwokusumo Universitas Janabadra

Selengkapnya