...

Berita

Universitas Janabadra

Webinar “desa Pasca Covid-19, Peluang Dan Tantangan”


WEBINAR “DESA PASCA COVID-19, PELUANG DAN TANTANGAN”

Pelaksana webinar adalah Pusat Pengembangan Kompetensi (PPK) Prodi Ekonomi Pembangunan, bekerjasama dengan PPK Universitas Janabadra dan didukung oleh  Prodi Ekonomi Pembangunan serta Fakultas Ekonomi.

Selain itu, agenda webinar ini terselenggara berkat adanya kerjasama  beberapa stakeholders antara lain:

  1. Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI
  2. Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta

Narasumber dalam webinar desa adalah:

  1. Dr. H Yusra, M.Pd (Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi)
  2. Hery Salugu, SE.,M.Si (BBLM Yogyakarta

Latar belakang dihelatnya agenda webinar ini adalah akan mendiskusikan bagaimana kondisi perdesaan setelah Indonesia dilanda pandemi Covid-19, kendala yang dihadapi baik dalam aspek sosial, ekonomi, kelembagaan, komunikasi dan Informasi serta solusi-solusi yang dapat di aplikasikan di desa. Selain itu juga dalam forum ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi untuk  pengambilan kebijakan baik saat Covid-19 masih berlangsung maupun nanti menyosong  era new normal kawasan perdesaan.

Dalam sambutan pembukaan webinar desa oleh rektor Universitas Janabadra Dr. Ir Edy Sriyono, MT., disampaikan bahwa lahirnya Undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa  telah menciptakan terobosan mendasar bagi demokratisasi relasi negara-desa. Saat ini Desa diibaratkan sebagai suatu negara dalam lingkup terkecil atau juga dalam dimensi lain desa saat ini dibaratkan sebagai Gadis cantik jelita yang molek serta menarik hati.

Dalam perkembangannya, lahirnya UU desa tersebut juga ada keterkaitan  dengan paradigma MERDEKA BELAJAR yang dikonsep oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang sekaligus mengkonstruksi adanya KAMPUS MERDEKA. Gayungpun bersambut, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pun menyambut dan menginisiasi adanya KAMPUS MERDEKA UNTUK DESA.

Terkait peran serta dalam konsep Kampus Merdeka dan Kampus Merdeka untuk Desa, maka Universitas Janabadra menjadi salah satu anggota Forum Perguruan Tinggi untuk Desa atau disingkat Forum PERTIDES. Oleh karena itu sebagai wujud  mengejawantahan konsep diatas maka di kampus kebangsaan universitas Janabadra, khususnya di Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi  telah dibentuk konsentrasi atau kompetensi Perdesaan dan Pariwisata serta Ekonomi Kreatif.  Senyampang dengan hal tersebut, juga didukung  dengan dibentuknya LEMBAGA INOVASI DAN KAJIAN EKONOMI DESA (LIKED) yang sudah di-launching oleh dekan Fakultas Ekonomi sebelumnya. Tujuan didirikannya LIKED ini adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap desa sebagai tindak lanjut KAMPUS MERDEKA UNTUK DESA.

Kesimpulan  secara umum dari webinar ini adalah bahwa desa dengan segala potensinya dapat menjadi katup pengaman perekonomian nasional.

 

 

Dibaca: 106x

Info Akademik

Dengan adanya mengurangi dampak penularan COVID-19, maka Universitas Janabadra telah memberikan laya [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Nov 2020

PERSYARATAN KHUSUS BERKAS YANG DILENGKAPI CALON YANG LULUS TAHUN 2020 Formulir pendaftaran [..]

Selengkapnya

by Admin | 12 Aug 2020

Penerimaan Mahasiswa dengan jalur beasiswa bidikmisi telah dibuka, Bidikmisi adalah bantuan bia [..]

Selengkapnya

by Admin | 5 Aug 2019

Agenda

Nov
19

Pendaftaran Pelatihan Membuat Game Tingkat Sma/smk/ma Sederajat Biaya Gratis

Laboratorium Komputer Teknik Informatika Universitas Janabadra

Selengkapnya

Apr
29

Wisuda Sarjana & Pascasarjana Periode April 2017

Auditorium Kph Purwokusumo Universitas Janabadra

Selengkapnya