Info Akademik

Suasana Webinar Fakultas Teknik Tentang Paradigma Pembelajaran Pendidikan Tinggi Di Era New Normal

  • Admin
  • 06 Juni 2020
  • 589

Upaya untuk beradaptasi dengan kondisi yang disebut dengan New Normal (Kanormalan Baru/Tatanan Normal Baru) dalam dunia Pendidikan tinggi, baru-baru ini Fakultas Teknik Univesitas Janabadra mengadakan webinar bertajuk “Paradigma Baru Pendidikan Tinggi di Era New Normal”. Webinar ini menghadirkan Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi) sebagai pembicara utama. Acara webinar dibuka oleh Rektor Universitas Janabadra, Dr. Ir. Edy Sriyono, M.T., yang menegaskan bahwa acara ini merupakan wujud kepedulian kampus terhadap suasana pandemi Covid-19. Acara dihadiri oleh lebih dari 500 peserta baik yang terkoneksi secara langsung dalam zoom cloud meeting atau yang mengikuti melalui Youtube Streaming serta dipandu oleh Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto sebagai moderator.

Dalam pemaparan materinya, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D, menyampaikan bahwa pandemi justru harusnya bukan menjadi kendala pembelajaran namun bisa menjadikan lebih semangat dalam pembelajaran. Disampaikan juga pandemic ini juga justru merupakan titik lompatan terlaksananya merdeka belajar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Merdeka belajar diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan – online), proyek mandiri, program relawan kemanusiaan, dan penelitian bersama dosen/peneliti. Selama pandemic justru kegiatan-kegiatan merdeka belajar semakin meningkat, lebih dari 3000 konten pembelajaran diunggah pada SPADA Indonesia (lebih dari 244 perguruan tinggi telah berkontribusi). Program relawan kemanusiaan juga meningkat pesat, terutama dalam rangka melawan pandemic. Proyek mandiri mahasiwa Bersama dosen mengalami peningkatan, seperti proyek-proyek pengembangan APD dan berbagai alat Kesehatan, serta semakin maraknya penelitian dosen pada masa pandemi, terutama penelitian dalam rangka mengembangkan alat-alat untuk membantu mengatasi pandemi.

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D menggarisbawahi bahwa lesson learned yang bisa diambil selama pandemic adalah adanya adaptasi yang sangat cepat dalam pembelajaran, work from home tidak kalah produktifnya dengan work at the office, energi kreatif dan positif luar biasa, semangat gotong royong terlihat sangat baik selama pandemi, dan kebaikan-kabaikan selama pandemi harus tetap dijaga. Ditekankan juga pembelajaran daring dapat membuka cakrawala baru, dan dosen menjadi co-pilot penjelajahan pendidikan dan pengembangan mahasiswa.

Dibaca : 589