Info Akademik

Fakultas Pertanian Universitas Janabadra Menyelenggarakan Kuliah Umum Dengan Tema “pertanian Lahan Rawa Menuju Era Industri 4.0”

  • Admin
  • 24 Februari 2020
  • 556

Dalam rangka pembukaan masa perkuliahan Semester Genap 2019/2020 Fakultas Pertanian UJB menyelenggarakan Kuliah Umum dengan mengambil tema: “Pertanian Lahan Rawa Menuju Era Industri 4.0”. Pemateri dalam acara ini adalah Prof. Dr. Ir. Muhammad Noor, MS, peneliti utama pada Balai Penelitian Lahan Rawa (Balittra) Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kuliah Umum dihadiri oleh Rektor UJB Dr. Ir. Edy Sriyono, MT, Dekan Fakultas Pertanian Ir. Subeni, MS, segenap dosen Fakultas Pertanian, dan seluruh mahasiswa Fakultas Pertanian UJB.

Dalam paparannya pemateri menyampaikan tentang pentingnya pengembangan pertanian lahan rawa dalam mendukung target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia di tahun 2045. Lahan rawa memiliki potensi yang besar untuk mendukung target tersebut. Dari 34 juta hektar luas rawa di Indoensia, terdapat sekitar 14 - 19 juta hektar yang sesuai untuk pertanian. Pesatnya alih fungsi dan degradasi lahan sawah semakin memperkuat pentingnya pengembangan lahan rawa ini.

Dalam upaya mengembangkan potensi lahan rawa menjadi pertanian yang produktif, maka pemanfaatan teknologi informasi akan sangat mendukung. Pengembangan pertanian lahan rawa menuju era industri 4.0 memerlukan dukungan sumber daya menusia perekayasa yang berkompeten di era industri 4.0. Di titik inilah peran perguruan tinggi menjadi penting dalam menghasilkan SDM unggul yang siap memasuki era industri 4.0.

Dibaca : 556