...

Berita

Universitas Janabadra

Desa Wisata Srimulyo Kembangkan Konsep Green Tourism


Desa Wisata Srimulyo Kembangkan Konsep Green Tourism

Desa Wisata Srimulyo di Piyungan Kabupaten Bantul, secara serius mendorong pengembangan konsep wisata hijau atau green tourism. Konsep ini, tidak saja menjadi magnet pelengkap potensi wisata di daerah tersebut, tapi lebih penting lagi akan menjamin keberlangsungan, kelestarian dan keseimbangan antara pengembangan kepariwisataan dan kelestarian alam, serta kepentingan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat.

Langkah pengembangan wisata hijau, dilakukan dengan menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah dan kalangan akademisi, yakni Universitas Janabadra Yogyakarta (UJB) dan Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA.

“Tugas kami adalah membantu suksesnya program Pemkab Bantul dalam RPJMD maupun Non RPJMD, utamanya melalui Program Kemitraan Wilayah (PKW) untuk pengembangan wisata hijau di Srimulyo,” kata Drs Danang Wahyudi M.Si selaku Ketua Tim PKW, dalam rilisnya, Sabtu (14/9/2019).

Pelaksanaan PKW di Desa Wisata Srimulyo, kata Danang, melibatkan sejumlah pakar yang berkompeten. Strategi ini, diharapkan dapat membantu masyarakat mengembangkan program yang selaras dengan konsep pengembangan green tourism ke depannya.

Tim PKW, beranggotakan Dr. Retno Lantarsih M.Si selaku pakar pertanian dan agribisnis, Hermawan Prasetyanto, S.Sos,.M.Par pakar kepariwisataan dan hospitality, serta pakar energi terbarukan Mochammad Syamsiro S.T M.T., Ph.D. Sedangkan Danang Wahyudi selaku ketua tim, memiliki kompetensi dalam bidang marketing pariwisata.

“Kami bekerja secara sinergi dan kolaboratif. Tradisi kolaboratif ini sangat penting untuk menyusun program yang implementatif dan kajiannya komprehensif,” lanjut Danang, yang menyebut kegiatan ini mendapat dukungan dari Kemenristekdikti melalui skema hibah pengabdian masyarakat PKW.

Tema besar yang dikembangkan oleh Tim PKW, adalah “Pengelolaan Desa Wisata Menuju Green Tourism untuk Pelestarian Lingkungan”.

Green tourism atau wisata hijau (wisata ramah lingkungan) merupakan bagian dari ekoturisme/ekowisata.

Dalam konsep ini, kegiatan pariwisata yang dilakukan harus berwawasan lingkungan, dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

Program akan berlangsung hingga 2 tahun ke depan, dengan mencakup 5 aspek. Yakni revitalisasi aksesibilitas dan infrastuktur pendukung wisata, manajemen sampah dan energi terbarukan, meningkatkan marketing pariwisata baik secara offline maupun online, pengembangan ekonomi kreatif dan diversifikasi usaha tani dengan merevitalisasi tanaman herbal (toga).

“Realisasi program-program dalam PKW, akan mendorong pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan jumlah wisatawan. Kunjungan wisatawan yang meningkat, tentu akan mendorong peningkatan pendapatan pelaku wisata dan warga,” kata Danang menjelaskan.

Mengenai potensi, Desa Wisata Srimulyo di Piyungan, saat ini memiliki 17 destinasi wisata yang berbasis bukit dengan panorama alam maupun aliran sungai. Potensi wisata di Srimulyo, dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang diketuai Hidayat Faisal Falah juara favorit Dimas Diajeng Bantul Tahun 2019.

Dikelola secara mandiri oleh masyarakat, potensi wisata di Srimulyo, diantaranya Watu Wayang, Bukit Tompak, Puncak Bucu dan Kampung KB Jasem, sudah dikenal cukup luas oleh masyarakat DIY maupun luar daerah.

 

 

Dibaca: 100x

Info Akademik

Penerimaan Mahasiswa dengan jalur beasiswa bidikmisi telah dibuka, Bidikmisi adalah bantuan bia [..]

Selengkapnya

by Admin | 5 Aug 2019

Sehubungan banyaknya kasus penipuan yang mengatasnamakan pimpinan dan lembaga di lingkungan Universi [..]

Selengkapnya

by Admin | 17 Dec 2018

Universitas Janabadra menerima pendaftaran Bidikmisi untuk program Studi berikut di bawah ini : [..]

Selengkapnya

by Admin | 25 Apr 2018

Agenda

Nov
19

Pendaftaran Pelatihan Membuat Game Tingkat Sma/smk/ma Sederajat Biaya Gratis

Laboratorium Komputer Teknik Informatika Universitas Janabadra

Selengkapnya

Apr
29

Wisuda Sarjana & Pascasarjana Periode April 2017

Auditorium Kph Purwokusumo Universitas Janabadra

Selengkapnya