...

Berita

Universitas Janabadra

Pelatihan Budidaya Hidroponik Agribisnis Fakultas Pertanian Ujb


PELATIHAN BUDIDAYA HIDROPONIK AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UJB

Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Janabadra (UJB) ingin mewujudkan visinya untuk menjadi program studi berkualitas yang unggul di bidang pertanian berkelanjutan pada tahun 2025. Program unggulan Program Studi Agribisnis adalah urban farming termasuk didalamnya adalah pengembangan hidroponik.

Selasa, 23 April 2019, Program Studi Agribisnis UJB mengadakan acara Pelatihan Budidaya Hidroponik. Acara tersebut diikuti oleh peserta yang terdiri dari guru dan siswa SMA/SMK se-DIY. Pelatihan budidaya hidroponik ini diharapkan dapat menumbuhkan minat para peserta untuk mencintai dunia pertanian yang pada dasarnya memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia.

Acara pelatihan budidaya hidroponik diawali laporan oleh Ketua Penyelenggara Dr. Retno Lantarsih, SP., M.P. dan sambutan oleh Rektor UJB Dr. Ir. Edy Sriyono, M.T.  Acara yang berlangsung kurang kebih 5 jam ini dibagi menjadi 2 sesi, dimana sesi pertama bertempat di Executive Room membahas teori umum tentang hidroponik, sedangkan pada sesi kedua, diselenggarakan workshop budidaya hidroponik di laboratorium urban farming, Kebun Percontohan Terpadu FP UJB di Dusun Trini, Trihanggo Sleman. Pembicara dalam acara tersebut adalah seorang yang sudah professional di bidang hidroponik yaitu Ir. Sulistiya, MP yang juga sekaligus Dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UJB. Pembicara memberikan materi mengenai “Prospek Hidroponik dan Urban Farming”.  Pembicara memulai materinya dengan mengenalkan sekilas tentang hidroponik. Hidroponik mempunyai andil dalam memecahkan masalah pangan dunia secara lebih efisien, produktif, dan ekonomis. Melihat pertanian masa depan, dengan hidroponik akan menjadi salah satu teknologi alternatif yang dapat digunakan untuk memproduksi lebih banyak pangan secara berkelanjutan. Pembicara juga memaparkan tentang pertanian vertikal yang mampu menjelaskan bagaimana kota dapat menjadi penghasil pangan di masa depan. Menanam tanaman pangan di pusat-pusat populasi kota akan meningkatkan hasil, memotong biaya transportasi dan mengatasi keterbatasan lahan.

Setelah sesi pertama selesai, para peserta melanjutkan kegiatan praktek budidaya hidroponik di Kebun Percontohan Terpadu FP UJB. Di laboratorium urban farming ini para peserta diberikan kesempatan untuk praktek langsung atau learning by doing sehingga teori yang sudah diperoleh langsung dapat diterapkan. Pelatihan budidaya hidroponik langsung dipandu oleh pengurus Griya Farm Janabadra yang merupakan para pakar yang sudah berpengalaman berkecimpung di bidang hidroponik. Praktek yang dilakukan meliputi teknik budidaya mulai dari pembibitan, penanaman, sampai dengan pemanenan. Beberapa jenis tanaman yang digunakan dalam praktek antara lain selada, kangkung, dan pakcoy. Setelah acara workshop selesai, dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan penutupan oleh panitia.

 

 

Dibaca: 1015x

Info Akademik

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA VIDEO KREATIF  “AYO KULIAH DI UJB”  UNIVERSITAS JAN [..]

Selengkapnya

by Admin | 7 Aug 2021

Dengan adanya mengurangi dampak penularan COVID-19, maka Universitas Janabadra telah memberikan laya [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Nov 2020

PERSYARATAN KHUSUS BERKAS YANG DILENGKAPI CALON YANG LULUS TAHUN 2020 Formulir pendaftaran [..]

Selengkapnya

by Admin | 12 Aug 2020