Info Akademik

Wisuda Sarjana Dan Pascasarjana Ujb ; Lulusan Jangan Takut Hadapi Revolusi Industri 4.0

  • Admin
  • 02 April 2019
  • 1173

Rektor Universitas Janabadra (UJB), Edy Sriyono memotivasi lulusan UJB tahun ini agar tidak takut menghadapi Revolusi Industri 4.0. Pasalnya masih ada sejumlah ketrampilan yang tak bisa digantikan oleh mesin dan robot.

Menurutnya, robot belum mampu memahami fungsi emosional, memaknai kesedihan dan kebahagiaan, memelihara hubungan dengan pelanggan atau memberikan pelayanan dengan ketulusan yang akan dihargai oleh pelanggan. 

Selain itu, dalam berbagai bidang, keterhubungan, jejaring dan kepercayaan adalah kunci utama. Dalam hal inilah, manusia tak dapat digantikan perannya dengan robot. "Kecerdasan buatan memang dapat memahami komunikasimanusia dengan cukup baik. Namun, komunikasi tak selalu formal dan linier, terkadang ada penggunaan bahasa gaul, sarkasme, lelucon, dan parodi,"ujarnya.

Tak kalah penting lagi adalah kreativitas. Mesin dan robot dapat mengerjakan segala aspek pekerjaan berulang. mereka yang memiliki konsistensi yang akurat dan kecepatan tinggi. Akan tetapi banyak aspek kehidupan manusia yang membutuhkan kreativitas. Misalnya, karya sastra, lukisan, iklan yang membekas di benak masyarakat. "Bukan hasil pekerjaan mesin dan robot,"ucapnya. 

Dalam prosesi wisuda yang melibatkan 313 lulusan itu, Mia Paramitha Santoso, wisudawati peraih nilai terbaik dalam lulusan kali ini, mengajak agar seluruh wisudawati untuk tetap menjadi orang yang berdedikasi, rendah hati dengan sekitar, apapun profesinya kelak. Pasalnya, sebagai lulusan, mereka tidak hanya menghadapi masa depan melainkan juga mengisinya. "Semoga UJB semakin berkembang, bisa mendidik generasi muda menjadi orang berkompetensi dan berdayasaing global,"kata dia.

Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, LL Dikti V DIY, Taufiqurrahman berharap lulusan UJB menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran dan meningkatkan kualitas, sumber daya manusia (SDM) yang mereka miliki. Baik itu kualitas ketrampilan akademik dan teknis. "Saya berharap UJB bisa mencetak SDM unggul, sehingga berdaya saing nasional dan internasional,"ucap dia.

Dibaca : 1173