Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik UJB Kenalkan Teknologi Pengolahan Sampah di Sleman Yogyakarta

Sampah masih menjadi permasalahan yang cukup pelik di masyarakat. Penutupan tempat pembuangan akhir (TPA) Sampah di beberapa kota akibat sudah tidak bisa lagi menampung sampah menambah rumitnya masalah sampah ini. Untuk itulah, Tim Pengabdian Masyarakat dari Universitas Janabadra (UJB) Yogyakarta melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) mengadakan sosialisasi sekaligus FGD membahas teknologi pengolahan sampah di tingkat desa. Acara yang berlangsung pada tanggal 18 September 2024 ini dilaksanakan di gedung TPS3R Bisma yang berada di Dusun Ngaran, Kalurahan Balecatur, Kapanewon Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Menurut Ketua Tim PKM, Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, kegiatan ini mendapatkan dukungan pendanaan dari DRTPM Kemdikbudristek Tahun 2024 dengan tema besar penerapan teknologi insinerator ramah lingkungan. Tim ini beranggotakan Teguh Widodo, S.T., M.T. dari Prodi Teknik Sipil UJB dan Nur Azmi Ainul Bashir, S.Kom., M.Kom. dari Prodi Teknik Komputer UNU Yogyakarta. Kegiatan ini dapat terlaksana setelah sebelumnya dilakukan diskusi yang cukup intens membahas permasalahan sampah khususnya di wilayah Kalurahan Balecatur, ujar Dr. Syamsiro yang juga Dosen di Prodi Teknik Mesin UJB.

Dalam sosialisasi ini, Dr. Syamsiro mempresentasikan berbagai macam teknologi pengolah sampah, baik secara biologi maupun secara termal. Dari sekian banyak skema teknologi, teknologi termal seperti insinerator dan gasifikasi merupakan pilihan yang tepat untuk memusnahkan sampah, karena dengan proses ini sampah yang tersisa hanya berkisar antara 10-25% dalam bentuk abu maupun arang. Melihat keterbatasan lahan yang ada, pemusnahan sampah dengan residu yang minimal menjadi pilihan terbaik saat ini. Kegiatan ini juga dibantu oleh dua orang mahasiswa Prodi Teknik Mesin yaitu Slamet dan Muhammad Ajhi Ramadhan melalui program MBKM.

Sementara itu bapak Herlan selaku ketua TPS3R Bisma mengatakan bahwa saat ini diperlukan peralatan teknologi pemusnah sampah mengingat jumlah sampah yang terus meningkat, sehingga sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Tim PKM UJB. Demikian juga dengan Kepala Dukuh Dusun Ngaran, Bapak Bima, yang menyampaikan terima kasihnya kepada Tim UJB untuk turut serta membantu TPS3R Bisma dalam menangani permasalahan sampah. Semoga ikhtiar ini bisa membawa kemajuan pengelolaan sampah yang lebih baik khususnya di wilayah Dusun Ngaran, Balecatur.