Tim PHP2D 2020 BEM UJB telah selesai melakukan pendampingan kepada masyarakat Dusun Sukorejo, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman

Tim PHP2D BEM UJB telah selesai melakukan pendampingan kepada masyarakat Dusun Sukorejo, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Tim yang diketuai oleh Lusi Handayani (mahasiswa Faperta UJB) dan beranggotakan 10 mahasiswa dari berbagai fakultasm di UJB ini berhasil melaksanakan berbagai kegiatan yang dimulai bulan Juni 2020, dengan dana bantuan program pengabdian masyarakat dari Kemdikbud melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Tahun 2020 dan berhasil menjadikan Pasar Loegood yang berada di dusun tersebut menjadi Pasar Budaya berbasis Edukasi yang menarik. Kegiatan yang dilakukan ti eliputi sosialisasi program, pengadaan dan pembangunan infrastruktur, pendampingan program, pelatihan program, dan perintisan kemitraan.

Perkembangan saat ini, keberadaan Pasar Loegood semakin dikenal masyarakat luas karena adanya sebuah website Pasar Loegood yang bisa diakses khalayak umum sebagai media informasi secara online. Dari segi sarana dan prasarana juga bertambah, yaitu mushola, penambahan jumlah wahana bermain anak, adanya edukasi mtanaman, dan pengadaan toilet umum. Terjadi juga peningkatan pemahaman teknologi dan pengetahuan masyarakat sehingga mampu memperluas jangkauan pemasaran dan publikasi Pasar Loegood.

Bagi masyarakat Dusun Sukorejo, manfaat yang dirasakan dari kegiatan ini sangat luar biasa. Masyarakat sangat berterimakasih karena setelah adanya infrastruktur, sarana pemasaran, hingga publikasi di Pasar Loegood perekonomian masyarakat semakin membaik dan jumlah pengunjung meningkat. Selain itu program ini dapat menjadi stimulanm untuk meningkatkan kepedulian Pemda ataupun instansi terkait.

Dampak yang dari program ini juga dirasakan oleh banyak pihak terkait seperti Pokdarwis Tegal Loegood, Kelompok RT dan RW, kelompok ibu ibu PKK, kelompok peternak kambing etawa, dan berbagaii UMKM setempat.

Tindak lanjut dari kegiatan ini antara lain adalah menjadikan menjadikan Desa Girikerto sebagai desa binaan Universitas Janabadra di bidang pariwisata, mengembangkan kemitraan salah satunya dengan BUMDES dan dinas setempat, dan melakukan penjajakan kemitraan dengan PLN untuk penerangan lokasi sekitar pasar