...

Ekonomi Akuntansi

Universitas Janabadra

PROGRAM STUDI EKONOMI AKUNTANSI


Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dan berorientasi masa depan, melalui penguatan wawasan kebangsaan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu akuntansi.

Misi

Menjadikan program studi akuntansi sebagai wadah pengembangan ilmu dan pendidikan, kegiatan penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.
Meningkatkan kecerdasan bangsa melalui pendidikan dan pengajaran
Membentuk dan mengembangkan wawasan kebangsaan

 

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi; memiliki kemampuan kepemimpinan dan etika profesional; memiliki kemampuan bekerja atau meneruskan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi; mampu menghadapi situasi yang baru dalam profesinya sebagai sarjana ekonomi; mempunyai motivasi untuk mengikuti perkembangan dan isu-isu akuntansi dan ilmu pengetahuan Ekonomi dan Bisnis; mampu menyelesaikan masalah dengan menerapkan prinsip akuntansi dan pemikiran analitis; dan dapat bekerja sama dalam tingkat lokal, nasional, regional maupun internasional.  

 

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan Jurusan Akuntansi meliputi 3 bidang keahlian (konsentrasi) sebagai berikut : 

  • Kompetensi dalam bidang Pelaporan Keuangan: Menguasai dan memahami konsep dan prinsip akuntansi berterima umum yang diterapkan di Indonesia, sistem informasi akuntansi, dan penyusunan laporan keuangan.
  • Kompetensi dalam Bidang Perpajakan : Menguasai dan memahami atuaran perpajakan yang bersifat dinamis, perhitungan pajak sesuai pasal-pasal dalam undang-undang perpajakan, tata cara perencanaan pajak bagi organisasi bisnis, konsep akuntansi untuk pajak, dan konsep dasar pemeriksaan dan pengawasan pajak.
  • Kompetensi dalam Sistem Pengembangan Jiwa dan Sikap Kewirausahaan: Menguasai asas bisnis, pengembangan dan tujuan bisnis, dengan memahami esensi kewirausahaan, organisasi kewirausahaan, perilaku wirausaha, kepemimpinan kewirausahaan, mampu membuat business plan yang strategis, mampu memiliki winning commitmen, merubah hambatan bahkan ancaman menjadi peluang, dengan cara-cara kreatif dan hasil yang inovatif.

 

Kurikulum 

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem semester dan dapat ditempuh selama 8 semester (4 tahun) dengan beban studi total 144 sks.

 

Dibaca: 792x