...

Berita

Universitas Janabadra

Dosen Universitas Janabadra Presentasi Makalah Di Konferensi Internasional Tiongkok


Dosen Universitas Janabadra Presentasi Makalah di Konferensi Internasional Tiongkok

Salah satu Dosen di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Janabadra (FT-UJB) yaitu Dr. Eng. Mochamad Syamsiro menghadiri dan mempresentasikan makalahnya di “Renewable Energy Integration with Mini/Micro Grid Systems (REM) Symposium 2017” yang berlangsung di Tianjin, Tiongkok beberapa waktu yang lalu. Acara ini diselenggarakan oleh Tianjin University, Tiongkok bekerjasama dengan Applied Energy Journal, salah satu jurnal prestisius dunia di bidang energi. Konferensi ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai wadah para ahli di bidang energi untuk bertemu dan berdiskusi membahas topik-topik terkini di bidang energi terbarukan.

Pada konferensi kali ini, Dr. Syamsiro mempresentasikan papernya berjudul “Pyrolysis of Compact Disc (CD) Case Wastes to Produce Liquid Fuel as a Renewable Source of Electricity Generation”. Makalah ini merupakan hasil penelitian yang telah dikerjakan di Laboratorium Bioenergi yang dimiliki Jurusan Teknik Mesin FT-UJB dengan mendapatkan pendanaan dari Ristekdikti melalui skema Hibah Pascadoktor tahun 2017. Pengembangan sumber-sumber energi berbasiskan biomassa dan sampah adalah fokus dari riset yang dikembangkan di Lab. Bioenergi. Adapun pada presentasi hasil riset di Tiongkok membahas mengenai pemanfaatan sampah plastik khususnya limbah compact disc (CD) menjadi bahan bakar cair pengganti bensin dan solar melalui teknologi pirolisis.

Teknologi pirolisis merupakan suatu sistem konversi termal pada suhu tinggi sekitar 500 derajat celcius. Pada kondisi tersebut, plastik akan terdekomposisi menjadi fraksi yang lebih ringan yaitu bahan bakar cair. Dengan konsep ini diharapkan sampah-sampah plastik yang ada di sekitar kita bisa dimusnahkan dengan teknologi ini sekaligus mendapatkan tambahan hasil berupa bahan bakar cair.

Keikutsertaan pada konferensi ini merupakan bagian dari upaya diseminasi hasil-hasil penelitian dosen FT-UJB sebagai bentuk sumbangasih ilmu pengetahuan kepada masyarakat dan inovasi hasil karya dosen untuk mendukung pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Acara ini dihadiri ratusan peserta dari beberapa negara yang masing-masing juga mempresentasikan hasil-hasil risetnya. Selain itu, keikutsertaan ini juga dalam rangka meningkatkan jumlah publikasi dosen FT-UJB di jurnal internasional, khususnya yang terindeks Scopus. Dengan demikian, Indonesia akan semakin dikenal di dunia internasional khususnya di bidang energi terbarukan.

 

 

Dibaca: 435x

Info Akademik

Universitas Janabadra menerima pendaftaran Bidikmisi untuk program Studi berikut di bawah ini : [..]

Selengkapnya

by Admin | 25 Apr 2018

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Bidik Misi Universitas Janabadra Tahun 2016 [..]

Selengkapnya

by Admin | 13 Jul 2016

Berikut Pengumuman Resmi BIDIKMISI Janabadra tahun 2016 Batas Pedaftaran mahasiswa Bidikmisi ta [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Jun 2016

Agenda

Nov
19

Pendaftaran Pelatihan Membuat Game Tingkat Sma/smk/ma Sederajat Biaya Gratis

Laboratorium Komputer Teknik Informatika Universitas Janabadra

Selengkapnya

Apr
29

Wisuda Sarjana & Pascasarjana Periode April 2017

Auditorium Kph Purwokusumo Universitas Janabadra

Selengkapnya