...

Berita

Universitas Janabadra

Kuliah Internasional Mengenal Citra Tiga Dimensi Pada Medis Di Prodi Teknik Informatika Ujb


Kuliah Internasional Mengenal  Citra Tiga Dimensi Pada Medis  Di Prodi Teknik Informatika UJB

Tantangan yang dihadapi di era digital saat ini tentunya semakin spesifik, dalam artian bahwa ilmu yang ada harus mampu memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang lebih detail atau mendalam. Seperti halnya dalam dunia medis tentunya seorang ahli medis memerlukan peralatan medis untuk dapat membantu mendiagnosa penyakit pasien. Semakin berkembangnya ilmu semakin banyak ditemukan penyakit-penyakit yang harus dapat terdeteksi penyebabnya. Terkadang ahli medis masih terkendala masalah teknologi yang minim dan kurang akuratnya peralatan medis dalam membantu mendiagnosa penyakit.

Melihat permasalahan tersebut Program Studi Teknik Informatika Universitas Janabadra menyelenggarakan kuliah untuk mengenal konsep citra tiga dimensi di dunia medis. Kuliah tersebut dikemas dalam kuliah internasional, Prodi Teknik Informatika mengundang langsung pakarnya dari Pyay Technological University, Myanmar. Dalam kuliah international tersebut, Ms. Nilar Thein yang merupakan pembicara dan dosen dari Pyay Technological University mengatakan bahwa kontribusi ilmu teknik informatika di dunia medis adalah sangat besar, sebab ilmu di bidang teknik informatika dapat membantu memberikan solusi dalam berupa riset yang dapat dikembangkan menjadi teknologi untuk membantu ahli medis dalam mendiagnosa penyakit. Pembicara memberikan contoh misalnya adalah pada penyakit batu ginjal, dalam proses diagnosanya mungkin dapat digunakan alat CT Scan (Computerized Tomography ) untuk mendeteksi letak dan besarnya batu ginjal yang ada didalam tubuh pasien. Namun dalam kenyataannya CT Scan-pun masih kurang keakuratannya, sehingga diperlukannya solusinya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam dunia teknik informatika teknik untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan teknik pengolahan citra, sebab gambar yang dihasilkan dari CT Scan tersebut merupakan citra. Teknik pengolahan citra bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasikan oleh manusia atau komputer, citra tersebut bisa saja dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi.

Selain itu dalam acara tersebut pada sesi berikutnya Ms. Nilar Thein sebagai pembicara yang  merupakan teman dari Ryan Ari Setyawan, M.Eng. ketua Program Studi Teknik Informatika menjelaskan bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri melalui skema JICA (Japan International Cooperation Agency). Kuliah internasional tersebut juga dimoderatori oleh Jeffry Andhika Putra, M.Eng dan dihadiri oleh Rektor Universitas Janabadra yakni Cungki Kusdarjito, Ph.D dan Dekan Fakultas Teknik Titiek Widyasari, M.T. Harapannya dalam acara tersebut mahasiswa dan dosen Prodi Teknik Informatika Universitas Janabadra dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas riset yang lebih baik lagi baik secara nasional maupun internasional.

 

 

Dibaca: 186x

Info Akademik

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Bidik Misi Universitas Janabadra Tahun 2016 [..]

Selengkapnya

by Admin | 13 Jul 2016

Berikut Pengumuman Resmi BIDIKMISI Janabadra tahun 2016 Batas Pedaftaran mahasiswa Bidikmisi ta [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Jun 2016

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masyarakat harus kian teliti memilih Perguruan Tinggi Swasta [..]

Selengkapnya

by Admin | 14 May 2016

Agenda

Nov
19

Pendaftaran Pelatihan Membuat Game Tingkat Sma/smk/ma Sederajat Biaya Gratis

Laboratorium Komputer Teknik Informatika Universitas Janabadra

Selengkapnya

Apr
29

Wisuda Sarjana & Pascasarjana Periode April 2017

Auditorium Kph Purwokusumo Universitas Janabadra

Selengkapnya