...

Berita

Universitas Janabadra

Dosen Teknik Mesin Raih Best Paper Award Di Konferensi Energi Terbarukan Ebtke Conex 2015


Dosen Teknik Mesin Raih Best Paper Award di Konferensi Energi Terbarukan EBTKE Conex 2015

Dosen Teknik Mesin Raih Best Paper Award di Konferensi Energi Terbarukan EBTKE Conex 2015

 

Salah satu dosen di Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra (JTM-UJB), Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, berhasil meraih Best Paper Award setelah mempresentasikan hasil penelitiannya di ajang konferensi tentang energi terbarukan “The 4th Indonesia EBTKE Conex 2015” yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara rutin setiap tahun. Dr. Mochamad Syamsiro berhasil menyisihkan puluhan paper lainnya dari berbagai lembaga penelitian dan perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Ini merupakan penyelenggaraan event yang ke-4 dan merupakan event terbesar di bidang energi terbarukan dimana para akademisi, praktisi, pemerintah dan industri berkumpul untuk berdiskusi memecahkan persoalan di bidang energi terbarukan.

Pada ajang EBTKE ini, Dr. Syamsiro mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “An Experimental Investigation on Performance dan Emission of Blends of Diesel Fuel with Waste Plastic Oil in a DI Diesel Engine”. Penelitian ini merupakan kajian tentang pemanfaatan bahan bakar minyak (BBM) dari sampah plastik yang dicampur dengan solar untuk diujikan performa dan emisinya di dalam mesin diesel. Hasilnya menunjukkan bahwa minyak dari sampah plastik sangat layak untuk menggantikan bahan bakar solar dan mempunyai prospek ke depan yang sangat bagus. Ini merupakan buah hasil kolaborasi Teknik Mesin UJB dengan UGM dan Tokyo Institute of Technology, Jepang.

Di samping acara presentasi dari beberapa makalah, ajang EBTKE Conex juga mengadakan pameran poster yang diikuti oleh para pemakalah yang papernya tidak dipresentasikan selama konferensi. Dr. Mochamad Syamsiro juga mempresentasikan hasil penelitiannya melalui poster yang berjudul “State of the Art of Global Dimethyl Ether (DME) Development and its Potential Application n Indonesia”. Penelitian ini merupakan kolaborasi Jurusan Teknik Mesin UJB dengan Zhejiang University of Technology, Tiongkok dan Tokyo Institute of Technology, Jepang. Disamping seminar, juga diadakan pameran yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan seperti Pertamina, Pasadena Engineering, UPC Renewables, JGC, dll. Di acara utama juga dilangsungkan plenary session dengan pembicara-pembicara yang sangat kompeten di bidang energi terbarukan.

 

 

Dibaca: 23746x

Info Akademik

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Bidik Misi Universitas Janabadra Tahun 2016 [..]

Selengkapnya

by Admin | 13 Jul 2016

Berikut Pengumuman Resmi BIDIKMISI Janabadra tahun 2016 Batas Pedaftaran mahasiswa Bidikmisi ta [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Jun 2016

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masyarakat harus kian teliti memilih Perguruan Tinggi Swasta [..]

Selengkapnya

by Admin | 14 May 2016

Agenda

Nov
19

Pendaftaran Pelatihan Membuat Game Tingkat Sma/smk/ma Sederajat Biaya Gratis

Laboratorium Komputer Teknik Informatika Universitas Janabadra

Selengkapnya

Apr
29

Wisuda Sarjana & Pascasarjana Periode April 2017

Auditorium Kph Purwokusumo Universitas Janabadra

Selengkapnya