...

Berita

Universitas Janabadra

Pengembangan Lab. Bioenergi Di Jurusan Teknik Mesin


Pengembangan Lab. Bioenergi di Jurusan Teknik Mesin

Pengembangan Lab. Bioenergi di Jurusan Teknik Mesin

 

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa permasalahan energi semakin mengemuka seiring dengan menurunnya cadangan energi fosil yang tidak terbarukan dan geliat pengembangan energi terbarukan yang semakin muncul ke permukaan. Indonesia mempunyai potensi energi terbarukan yang sangat melimpah, salah satu diantaranya adalah energi berbasiskan biomassa atau bioenergi. Sebagai negara yang terletak di daerah garis katulistiwa, dunia menjuluki Indonesia sebagai Arab Saudinya bioenergi mengingat potensinya yang sangat besar seperti kelapa sawit, padi, tebu, kayu, dll.


Peluang dan potensi besar inilah yang mendorong JTM-UJB untuk mencoba menjawab tantangan pengembangan bioenergi dengan mendirikan Laboratorium Bioenergi. Menurut Kepala Lab. Bioenergi Jurusan Teknik Mesin UJB, Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, pendirian Lab. Ini berbeda dengan lab-lab yang sudah ada sebelumnya. Kalau sebelumnya lab. lebih berfokus pada pengajaran, maka Lab. Bioenergi ini akan fokus pada pengembangan riset. Nantinya lab ini akan berkonsentrasi pada pengembangan konversi termal biomassa seperti gasifikasi, pirolisis dan pembakaran. Selain itu juga akan dilakukan pengembangan biodiesel dan biogas hingga pengembangan pada sisi penggunaannya di mesin diesel, bensin maupun gas engine. Sehingga nantinya sebutan sebagai Arab Saudinya bioenergi untuk Indonesia bisa benar-benar terwujud.

Pengembangan bioenergi di UJB ini sebagai salah satu upaya untuk mempelopori adanya suatu pusat keunggulan (center of excellent) yang menjadi fokus dan kekuatan di dalam memenangkan persaingan di era global. Pengembangan Lab. Bioenergi ini juga sejalan dengan upaya dari Dekan Fakultas Teknik UJB, Risdiyanto, S.T., M.T. yang menginginkan adanya pengembangan Lab di jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Teknik yang mempunyai nilai jual dan berdampak langsung pada masyarakat dan industri. Riset-riset tentang bioenergi sebenarnya sudah dilakukan dari beberapa tahun yang lalu, dengan adanya Lab Bioenergi ini maka akan semakin fokus dan bisa terkoordinasi secara lebih baik.(Syamsiro, 22 Agt 2015)

 

 

Dibaca: 22777x

Info Akademik

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Bidik Misi Universitas Janabadra Tahun 2016 [..]

Selengkapnya

by Admin | 13 Jul 2016

Berikut Pengumuman Resmi BIDIKMISI Janabadra tahun 2016 Batas Pedaftaran mahasiswa Bidikmisi ta [..]

Selengkapnya

by Admin | 16 Jun 2016

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masyarakat harus kian teliti memilih Perguruan Tinggi Swasta [..]

Selengkapnya

by Admin | 14 May 2016

Agenda

Apr
29

Wisuda Sarjana & Pascasarjana Periode April 2017

Auditorium Kph Purwokusumo Universitas Janabadra

Selengkapnya

Apr
21

Pembekalan Wisudawan Oleh Ikabadra Periode April 2017

Ruang Eksekutif Lt.2 Universitas Janabadra

Selengkapnya